Zola Ajak Masyarakata Cegah dan Tangkal Faham Radikalisme

Gubernur Jambi Zumi Zola

Jambi, Kabarserasan.com — Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menghimbau masyarakat Jambi untuk tetap menjaga kerukunan, demi terciptanya keharmosisan ditengah kehidupan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat dalam Tabligh Akbar dalam rangka Dakwah Islamiyah di Masjid Ubay Bin Ka’ab, Jalan Golf 2, Kelurahan Pematang Sulur, Telanaipura akhir pekan lalu

Menurutnya, kerukunan antar umat yang sudah terjalin dengan harmonis ditengah masyarakat Provinsi Jambi hendaknya dapat terawat dan terjaga.

“Kita tahu Provinsi Jambi termasuk provinsi teraman di Indonesia, tapi kita perlu waspada ancaman baik yang datang dari luar maupun dalam daerah sendiri,” ujar Zola.

Dia menegasakan, persatuan tak dapat dibeli dengan apapun, tetapi dapat diraih dengan keimannan. ” Persatuan akan membuat kita kokoh, namun perpecahan akan membuat lemah,” tegasnya.

Zola menjelaskan bahwa Dauroh dan Tabligh Akbar tersebut sangat penting dalam rangka pemahaman pencegahan, mengantisipasi masuknya paham-paham radikalisme yang ingin memecah belah masyarakat Indonesia.

“Tidak tertutup kemukinan di Jambi, dengan berbagai macam cara dengan memakai atas nama Islam, tapi ajarannya tidak benar, sedangkan umat Islam memegagang teguh Al-Qur’an dan Hadist,” tuturnya.

Karena itu, Tabligh akbar bertajuk “Kewajiban Taat Pada Pemerintah” diselenggarakan bertujuan guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memperbanyak bersyukur atas beragam nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Peningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sangat penting diupayakan karena iman dan taqwa merupakan modal dasar dalam membangun.

“Dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta kekompakan kita bersama dalam pembangunan di bidang apa pun akan bisa berhasil dengan baik. Apabila ada permasalahan yang timbul ditengah-tengah masyarakat. Mari kita pecahkan bersama-sama, mencari solusi terbaik,” harap Zola.

Negara Republik Indonesia mempunyai UUD 1945 dan Pancasila. Sebagai rakyatnya, tidak bisa terlepas dari aturan ini. “Untuk itu, agar kaum muslimin, umat Islam di Jambi hati-hati dan waspada agar membentengi diri. Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta,” ungkapnya.

Selain itu, Zola juga mengajak umat muslim untuk meningkatkan Hablum Minallah Wa Hablum Minannas atau menjalin tali hubungan baik dengan Allah dan dengan sesama manusia. “Tingkatkan silaturahim antar sesama manusia dan tingkatkan hubungan kita kepada allah SWT,” imbuh Zola.

Staf Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Al-Ustadz Abdurahman Ayyub dalam tausyiahnta menjelaskan, saat ini masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap gerakan-gerakan radikal dan terorisme yang mengatasnamakan agama, jihad, dan khilafah Islamiyyah untuk kepentingan tertentu.

Katanya, kewaspadaan itu perlu ditingkatkan untuk menangkal berkembangnya paham-paham yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

“Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan, mengingat aksi teror yang semakin marak dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu. Hendaknya masyarakat memiliki pemahaman agama dengan benar sehingga tidak terseret atau terjebak,” tukas Ayyub.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Mayjend Purn Bambang Suprianto Irawan, Mantan Staf Ahli Menkopulkam RI, Camat Telanaipura, kaum muslimat dan para santri, serta para undangan lainnya.

Baca Juga: Zola Perintahkan Bongkar Bangunan Penyebab Banjir

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply