Ratusan Petugas Syara’ Dapat Insentif Wako Fasha

Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat memberi insentif kepada Syara' kota Jambi. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Ruang pola Kantor Walikota Jambi mendadak diramaikan ratusan petugas Syara’, yakni Imam Masjid, Muadzin, pelaksana fardhu kifayah pemandi jenazah umat muslim yang ada di Kota Jambi.

Mereka ini diundang oleh Walikota Jambi Syarif Fasha untuk mendapatkan bantuan berupa dana, insentif lantaran telah telah membangun syiar agama Islam di Kota Jambi.

“Pemberian insentif ini adalah bagian lain dari upaya dan dukungan kami, Pemkot Jambi dalam membangun syiar Islam di Kota Jambi. Inilah salah satu bentuk perhatian dan apresiasi kami bagi pejuang agama Allah, petugas Syara’ di Kota Jambi,” ujarnya, Jumat (28/4/2017).

Diakui Fasha, sebelumnya di Pemerintah Kota Jambi belum ada anggaran khusus yang dialokasikan bagi petugas syara’ di Kota Jambi. Sebelumnya Pemkot Jambi hanya mengalokasikan anggaran untuk insentif bagi guru ngaji PAMI (Pengajian antara maghrib-isya).

Meskipun tahun ini belum seluruhnya dapat diakomodir, namun Fasha berjanji secara bertahap akan ditingkatkan baik dari jumlah penerima, maupun nilai insentifnya.

“Untuk tahap pertama, insentif dialokasikan bagi petugas Syara’ di masjid kelurahan, kecamatan dan kota. Belum semuanya, In sya Allah jika anggaran PAD sudah memungkinkan, semua pegawai Syara’ di Kota Jambi akan mendapat insentif, termasuk menambah nilainya,” paparnya.

Fasha berharap, dengan adanya pemberian insentif ini dapat memacu kinerja dan motivasi petugas Syara’ dan diharapkan masjid-masjid di Kota Jambi dapat dikelola dengan manajemen paripurna, bersih dan nyaman, sehingga menambah kekhusyukan ibadah.

Kakan Kemenag Kota Jambi H.M. Iqbal memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Wali Kota Fasha.

Dirinya mengajak petugas syara’ yang mendapat insentif untuk dapat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha, karena dimasa kepemimpinannya cukup banyak anggaran untuk menunjang kegiatan keagamaan.

“Kedepannya, alokasi anggaran untuk insentif petugas Syara’ dan lainnya dapat ditingkatkan, karena di Kota Jambi saja terdapat 500 masjid dan 700 langgar atau musholla,” tuturnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Jambi Hendi Sauky dalam laporannya, merinci jumlah petugas Syara’ yang mendapat insentif berjumlah 272 orang, yang terdiri dari 74 orang imam masjid, 74 orang muadzin, 124 orang pemandi jenazah (62 orang pria dan 62 orang wanita). Adapun besaran nominal insentif yang diberikan adalah sebesar Rp.150.000 perbulan.

Selain insentif dari Pemkot Jambi, pada kegiatan tersebut juga diberikan bantuan dari Baznas Kota Jambi dan bantuan dari Dewan Masjid Kota Jambi berupa sarung tangan dan celemek untuk operasional petugas Syara’ pemandi jenazah.

Tidak itu saja, selama Pemkot Jambi dipimpin Syarif Fasha, sebelumnya telah memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan untuk pembangunan sarana ibadah yang baru, renovasi masjid/langgar, bantuan sarana prasarana pendidikan, insentif guru PAMI.

Tidak itu saja, guru agama, dai-daiyah, bahkan kegiatan-kegiatan yang bernilai syiar, seperti MTQ, Festival Anak Shaleh, Tabligh Akbar, dan lainnya, disamping juga memberikan dukungan pada kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya selain Islam.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply