Jamu Wartawan, Kapolda Jambi Masak Sendiri

Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani pamitan. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani mengadakan acara makan malam bersama di kediamannya di kawasan Ancol, Pasar, Kota Jambi, Jumat malam (21/4/2017)

Hal menarik dalam jamuan makam malam yang penuh keakraban tersebut, makanan yang disediakan dibuat sendiri oleh Kapolda.

Tidak segan-segan polisi berbintang satu dipundaknya ini, menyuguhkan minum jus jagung kepada puluhan media yang baru datang.

“Ini minum jus jagungnya. Segar tidak ada duanya,” kata Yazid yang masih mengenakan pakaian hitam ala chef terkenal.

Benar saja, salah seorang media tv lokal Jambi, Doli mengaku minuman tersebut sangat enak. “Seger. Jagung dan susunya terasa sekali.”

Bahkan Ranto, dari media cetak harus tambah dua kali dan mengambil sendiri jus jagung yang baru sekali ini dinikmati.

“Silahkan makan kawan-kawan. Itu ada Salmon panggung, nasi goreng dan nasi rawon. Semua saya yang buat khusus untuk menjamu kawan media,” ungkapnya sembari tersenyum sumringah.

Undangan makan malam dengan media ini bukanlah tanpa alasan. Seiring turunnya telegram rahasia (TR) Kapolri Nomor ST/1034/IV/2017 tanggal 18 April 2017, tugas Brigjen Pol Yazid Fanani sebagai Kapolda Jambi mulai berakhir.

Sesuai TR tersebut, Yazid akan digantikan oleh rekan satu angkatannya, Brigjen Pol Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Kepala Biro (Karo) Pembinaan Karir (Binkar) SSDM Polri.

Brigjen Pol Yazid Fanny selanjutnya akan bertugas menjadi Perwira Tinggi (Pati) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri (penugasan pada BIN).

“Kalian sebagai mitra Polri selama ini sudah banyak membantu pemberitaan yang baik kepada saya selama saya menjabat Kapolda Jambi,” tuturnya.

Selain itu, Yazid juga memohon kepada media agar memperlakukan yang sama kepada penggantinya. “Pengganti saya nantinya adalah satu angkatan saya. Dari itu bantu juga dia dalam menjalankan tugasnya selama di Jambi,” harapnya dalam sambutannya singkat.

Kepada media, Yazid juga berpesan buatlah berita-berita yang berimbang dan tidak membuat berita provokasi yang merugikan semua pihak.

“Apa yang kita buat, termasuk yang wartawan tulis ada pertanggungjawabannya. Tidak di dunia, di akhirat pasti ada,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga diminta membuka rumah makan di Jambi lantaran rasanya tidak kalah dengan masakan yang ada di Jambi.

“Panggang ikan Salmonnya pak enak. Belum ada di Jambi ni,” celetuk beberapa kawan media.

Sembari tertegun sebentar, kemudian Yazid menjawab singkat, “masak sih. Itu resepnya hanya saya yang tahu. Entar dibicarakan sama ibu.”

Akhirnya, acara malam perpisahan antara media dengan kapolda berakhir dengan saling menghibur dengan berbagai lagu. Masing-masing pihak, baik dari media maupun dari Polri saling menyumbangkan lagu pilihannya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply