Peran Perempuan Bisa Cegah Terorisme dan Radikalisme

Suasana kegiatan dalam "Rembuk Kebangsaan Perempuan Pelopor Perdamaian yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) . Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com – Peran perempuan sangat besar sekali dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Begitu juga dalam memerangi, mencegah radikalisme dan terorisme, peran perempuan, terutama ibu-ibu sangat penting sekali.

Menurut Mayor Inf Imam Syafi’i, Pasi Pembinaan, Ketahanan Wilayah (Bintahwil) Korem 042/Garuda Putih Jambi, pencegahan radikalisme dan terorisme bisa dimulai sejak dini, sejak anak-anak SD.

Bagaimana caranya? Mantan Kapenrem 042/Gapu menegaskan, perlu adanya peran besar dari perempuan, terutama ibu-ibu dalam mendidik anaknya.

“Anak harus dididik dengan disiplin yang baik, diberi etika serta pentingnya diberi pengajaran agama yang kuat sejak dini,” ujarnya dalam “Rembuk Kebangsaan Perempuan Pelopor Perdamaian yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi di salah satu hotel di Kota Jambi (20/4/2017).

Semua harus diawali dari rumah, sambungnya, pendidikan agama harus dinomor satukan. Selain itu, peran aktif ibu-ibu dalam memberikan kasih sayang.

“Jangan hanya mengurus rangking anaknya saja. Percuma mengurus negara, bila urusan rumah tangga terbengkalai,” tegas Imam.

Amrizal Inspektur BNPT menilai perempuan merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan dan keutuhan bangsa Indonesia.

“Perempuan bukan penghalang dalam pembangunan. Karena jayalah perempuan jayalah negara,” katanya.

Tantangan dan ancaman nyata radikalisme dan terorisme saat ini, lanjutnya, adanya faham yang salah terkait pola pikir yang mudah di propaganda, sehingga dapat mengoyak keutuhan bangsa.

Amrizal meminta kepada ibu-ibu agar tidak mudah menerima berita apapun, terutama dari media sosial. “Lakukan tabayyun. Harus dikoreksi kebenarannya. Bila ada yang aneh dan tidak benar, jangan mudah dishare,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Panitia Ratna, mengatakan kegiatan ini fokusnya berupaya menumbuhkan dan menguatkan cinta tanah air Indonesia yang diikuti oleh puluhan organisasi perempuan, guru, mahasiswi di Jambi.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here