Puluhan Warga Demo di DPRD Minta Pj Bupati MUBA Dicopot

Ketua ISMMBSSB Edi Susanto menyerahkan pernyataan sikap kepada Ketua DPRD MUBA Abusari. Foto: Kabarserasan.com/Herman

Musi Banyuasin, Kabarserasan.com – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Ikatan Solidaritas Masyarakat Musi Banyuasin Sumatera Selatan Bersatu (ISMMBSSB) melakukan aksi damai. 

Aksi damai dimulai dari Stadion Serasan Sekate, kemudian menuju Kantor Bupati dan berkahir Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA).

Koordinator aksi damai Edi Susanto mengatakan, aksi ini dilakukan terkait dugaan pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Penjabat Bupati Muba.

” Dalam pelaksanaan OPD PP 18 Tahun 2016 di dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin kami nilai tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undang ,”kata Edi saat orasi di depan Kantor DPRD MUBA, Selasa sore (11/04/2017).

Menurut Edi salah satu pelanggaran yang dilakukan penjabat bupati adalah tentang surat keputusan pelaksana Bupati nomor:821/032/KEP/KDH/2017 tanggal 20 Januari 2017 yang memerintahkan kepada  Drs.H. Apriyadi,Msi NIP: 1967110687031001 di samping jabatannya selaku kepala bagian hubungan masyarakat,  juga bertugas sebagai pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin.

” Pnunjukan tersebut tidak sejalan dengan surat Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor: K.26-20/V.24-25/99 tanggal 10 Desember 2001 tentang tata cara pengangkatan PNS sebagai pelaksana tugas. Selain itu penunjukan tersebut tidak sesuai praktik yang lazim dalam birokrasi di Indonesia dimana pejabat definitif struktual eselon III.a membawahi dan mengkoordinasikan para pejabat Struktual Eselon II.b,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Musi Banyuasin Abusari,SH,MSi berjanji akan menindaklanjuti apa yang disoroti masayarakat terkait kebijakan penjabat bupati.

” Minggu depan saya dan seluruh anggota dewan akan duduk bersama membahas apa yang menjadi tuntutan masyarakat yang meminta Pj.Bupati di ganti. Kami akan bahas bersama dengan masyarakat juga,” kata Abusari.

Abu menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti persoalan ini secara serius. ” Untuk kepentingan rakyat saya siap, karena saya di pilih oleh rakyat bukan eksekutif,” ujarnya.

Namun Abusari meminta masyarakat untuk bersabar, karena saat ini banyak anggota dewan yang sedang melakukan kunjungan kerja.

” Jadi saya harap kepada bapak-bapak untuk bersabar. Gimana bisa dibahas, kalau mereka semua lagi dinas luar. Saya sampaikan kepada bapak-bapak, minggu depan akan saya bahas masalah ini,” jelasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply