Polres Muara Enim Gulung 7 Pelaku Pencurian dan 3 Pemalak

Kapolres Muaraenim AKBP Leo Andi Gunawan didampingi kabag Ops dan Kasubag Humas saat gelar perkara di di Mapolres Muara Enim, Rabu (5/04/2017).

Muara Enim, Kabarserasan.com – Tujuh pelaku pencurian peralatan computer milik SMA PGRI Muaraenim yang terjadi 23/3 lalu, berhasil digulung Jajaran Satresreskim Polres Muara Enim.

Tujuh pelaku pencurian tersebut adalah Dwi, Mgs Ahmad, Tommy, Jerry, Muchlis, Sandi Andrean, dan Sandi Widioko. Para pelaku masih terkategori remaja, bahkan diantaranya masih anak dibawah umur.

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan mengatakan, motif para pelaku melakukan pencurian dengan cara membobol atap dan masuk ke ruang lab computer melalui plafon ruangan.

AKBP Leo mengungkapkan, dalam aksinya kawanan pencuri ini berhasil menggondol 4 unit CPU dan 5 unit monitor merek Lenovo. Mereka juga menggasak 2 unit kipas angin di ruangan tersebut.

“Mereka berbagi tugas, ada yang masuk keruangan dan ada yang menunggu di plapon serta teras, kemudian barang-barang yang dicuri dikeluarkan dengan cara di over,” kata Kapolres saat gelar perkara di di Mapolres Muara Enim, Rabu (5/04/2017).

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan, jajaran Satresreskim Polres Muaraenim juga berhasil mengamankan 4 tersangka kasus pemalakan terhadap sopir truk angkutan batubara.

Menurut Kapolres Leo, para pelaku menjalankan aksinya di jalan lintas Muaraenim-Palembang Desa Niru Kecamatan Rambang Dangku Muara Enim. Keempat pelaku tersebut yaitu; Deri,27,Riki,26,Dedi Setiawan,36, serta Reno,33. Keempatnya adalah warga Desa Tebat Agung Kecamatan Rambang Dangku, Muara Enim.

” Modus operandi para pelaku dengan cara menghadang truk batubara yang melintas, kemudian salah seorang pelaku langsung mendatangi sopir dan meminta uang. Besaran uang yang mereka minta dengan kisaran Rp 10 ribu- Rp 20 ribu per unit truk,” jelas Leo.

Uniknya, para pelaku menyiapkan stiker khusus yang langsung mereka temple di badan truk yang sudah memberikan uang. Sementara pelaku lain, mencatat nomor polisi truk yang sudah menyetor serta ada juga yang bertugas mengawasi situasi.

“Pelaku ini berempat, mereka juga berbagi tugas dan uniknya mereka menyiapkan tanda berupa stiker yang mereka temple ke truk yang mereka hadang,”jelas Leo .

Selain melakukan pemalakan, para pelaku juga melakukan pengancaman kepada para sopir truk yang mereka hadang.

” Para sopir truk yang dihadang mereka ancam, tidak akan menjamin keselamatan para sopir truk tersebut saat melintas di kawasan tersebut. Jadi mereka kita amankan karena terlibat aksi pungutan liar,” tutupnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Berita Polres Muara Enim:

Lima Jabatan Kapolsek di Wilayah Polres Muara Enim Diserahterimakan

AKBP Leo Andi Gunawan Jabat Kapolres Muara Enim

 

Leave a Reply