Pemprov Janji Siapkan Lahan Panti Rehabilitasi Narkoba

Gubernur Jambi Zumi Zola . Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Gubernur Jambi Zumi Zola berjanji akan menyiapkan lahan untuk pembangunan pusat rehabilitasi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jambi seperti yang diinginkan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Jambi.

Namun menurutnya, Pemerintah Provinsi Jambi tidak bisa membantunya hingga 100 persen. “Untuk membantu hingga 100 persen itu sulit. Kita terbuka saja. Opsinya apa,” kata Zola, Kamis (30/3/2017).

Untuk penyediaan lahan rehabilitasi korban narkoba, sambungnya, banyak tersedia. “Pemprov Jambi tidak masalah. Berapa perlu luasnya. Kita bantu. Dengan catatan yang membangunnya kementrian terkait.”

Baca Juga: BNN Provinsi Jambi Dorong Gubernur Zola Segera Bangun Panti Rehabilitasi Narkoba

Pada intinya begini, ujar Zola, kita punya tanggung jawab membangun infrastruktur, baik itu jalan, jembatan dan pembangunan untuk melayani masyarakat.

“Untuk itu, kewenangannya ada di kementrian terkait​. Kami tidak punya kewajiban untuk membangun itu, tetapi kami bisa mendukung,” imbuhnya.

Bagi Zola, kalau memang ada dananya kenapa tidak? Akan tetapi permintaan pembangunan infrastruktur itu luar biasa banyak nya. Seperti di Bahar, Sungai Gelam, Padang Lamo. “Semua itu kewajiban kita.”

“Tapi kalau dalam bentuk besar dananya itu perlu dibicarakan, misalkan kami bekerja sama menyediakan lahannya dan bangunannya dari kementerian. Nah..
Itu boleh,” tukas Zola

Misalkan lagi, tuturnya, pihak Pemprov Jambi menyediakan tenaga PNS untuk dilantik dan dipekerjakan di BNN. “Boleh itu. Kita dukung.”

Menurut Zola, saat ini sudah ada lokasi rehabilitasi, yakni di Kabupaten Batanghari yang diresmikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) beberapa waktu lalu.

“Yang penting jalan dulu. Pastikan ada kendala. Sosialisasi dulu kepada masyarakat. Karena masyarakat sebagai pengguna dia mau sehat, mau sembuh tapi malu dan takut. Masyarakat selama ini berpikirnya kalau ditangkap masuk penjara tapi tidak sembuh. Ini coba kita jadikan solusi, kita akan sembuhkan melalui rehabilitasi narkoba,” jelasnya.

Rehabilitasi ini bertujuan untuk menyembuhkan. Lantaran itu, Pemprov Jambi mendukung hanya sebatas menyiapkan lokasi untuk tempat pembangunan pusat rehabilitasi itu. Namun yang membangunan nantinya diserahkan sepenuhnya kepada BNN.
Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply