Kebakaran Lahan di Jalinsum Akibatkan Kabut Asap Tebal

Lahan yang terbakar dan timbulkan asap tebal/ Foto: wan ,

Palembang, Kabarserasan.com–Sebuah lahan yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah perbatasan Kota Palembang-Prabumulih, Sumatera Selatan, Rabu (22/03/2017) siang terbakar.

Kencangnya hembusan angin membuat api dengan cepat membesar dan menjalar ke lokasi sekitar. Akibatnya petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan sempat mengalami kesulitan menjinakan api.

Meski belum diketahui pasti, berapa luas area lahan yang terbakar, namun akibat asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan membuat warga dan pengendara yang melintas di kawasan ini menjadi terganggu.

Petugas menduga kebakaran lahan tersebut sengaja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya lahan yang umumnya rawa ini masih tergenangi air setinggi hampir satu meter dan sangat tidak mungkin disebabkan karena faktor alam.

“Sedang kita telusuri sebab kebakaran ini, terutama dari mana asal api. Karena kalau melihat situasi di lokasi, rasanya aneh ada muncul api. Ini kan rawa-rawa dan di bawahnya masih digenangi air, kok ada api? Jelas Dandim 0402 Ogan Ilir-Ogan Komering Ilir, Letkol Dwi Irbaya Sandra.

Api baru dapat dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran dibantu warga dan personel Polri dan TNI, berjibaku memadamkan api sekitar dua jam. Selanjutnya petugas mengimbau kepada warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakarnya karena dapat merugikan bagi masyarakat luas. (wan)

Baca Juga:

Leave a Reply