Resmikan Pabrik Sawit, Zola: Perusahaan Harus Taat Aturan

Gubernur Jambi Zumi Zola usai meresmikan Pabrik Kelapa Sawit PT Agro Tumbuh Gemilang Abadi di Tanjab Timur. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com – Akhirnya masyarakat Kabupaten Tanjungjabung Timur, terutama petani sawit bisa bernafas lagi.

Pasalnya, pabrik kelapa sawit (PKS) yang sudah lama ditunggu-tunggu sejak Zumi Zola menjabat Bupati Tanjungjabung Timur, hingga menjadi Gubernur Jambi kini menjadi kenyataan.

Bertempat di Desa Teluk Dawan, Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, Gubernur Jambi Zumi Zola meresmikan berdirinya PKS PT Agro Tumbuh Gemilang Abadi.

“Saya mengapresiasi investasi yang dilakukan pihak swasta hingga Rp 100 miliar untuk membangun pabrik sawit yang pertama kali di Kabupaten Tanjungjabung Timur. Bahkan bisa produksi 45 ton per jam dan 10 ribu ton perbulan,” kata Zola dihadapkan Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto dan tamu undangan lainnya, beberapa waktu lalu.

Dia berharap kerjasama pemprov, pemkab dan swasta harus bersinergi dan tetap komitmen serta jangan melanggar.

“Perusahaan perkebunan dan PKS dapat mematuhi surat edaran yang sudah disepakati bersama tentang pembayaran harga TBS. Jangan ada perbedaan dan jangan ada yang melanggar, ” tegas Zola.

Selain itu, Zola meminta pihak perusahaan dapat membantu merawat jalan. Jalan di Sabak bisa dilewati mobil berkapasitas tonase maksimal 8 ton.

“Pasalnya 90 persen tanah rawa. Gunakan kendaraan yang sesuai kapasitas jalan. Kalau ada yang melanggar lapor ke saya,” tuturnya.

Zola juga menyinggung dana CSR perusahaan yang kurang peduli degan masyarakat. “Perusahaan harus peduli dengan masyarakat. Jangan pelit mengeluarkan CSR, karena bagaimana pun perusahaan butuh sinergi dengan masyarakat,” tukas Zola.

Dengan adanya PKS di Kabupaten Tanjungjabung Timur ini, masyarakat tidak lagi menjual hasil pertaniannya ke kabupaten tetangga, seperti ke Kabupaten Tanjungjabung Barat, Muarojambi dan Batanghari.

“Apa lagi saat ini harga sawit mulai beranjak naik. Insyaallah bisa menaikkan perekonomian masyarakat,” harap Zola.
Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply