Lima Hari Digenangi Banjir Warga Beraktifitas Dengan Perahu

Banjir di Menggala, Lampung/ Foto: ano

Tulangbawang, Kabarserasan.com—Sudah lima hari terakhir, banjir menggenangi beberapa desa di Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, dampak meluapnya Sungai Way Tulang Bawang.

Hingga Selasa (14/03/2017) belum ada tanda-tanda banjir akan surut, seiring masih tingginya intensitas hujan yang turun. Salah satu yang tergenang, yakni pemukiman warga di Desa Bugis. Ratusan rumah warga tergenang, dengan ketinggian air rata-rata sekitar satu meter.

Baca Juga: Banjir Landa Tiga Kecamatan di Kotabumi

Untuk beraktiktivitas, warga terpaksa menggunakan perahu, karena jalan di desa mereka turun terendam banjir dan tidak bias lagi dilewati kendaraan, baik roda empat, lebih-lebih kendaraan roda dua.

Desa Bugis dan beberapa desa lain yang berada di bantaran Sungai Way Tulang Bawang, memang kawasan langganan banjir. Saat air sungai meluap, warga sudah tahu, apa yang mesti dilakukan, salah satunya mengevakuasi sementara barang berharga ke tempat aman.

Namun warga tetap berharap, pemerintah setempat mengambil langkah, agar situasi yang mereka hadapi ini tidak terus berlangsung. Misalnya dengan melakukan pengerukan sungai, atau membangun tanggul pembatas, sehingga kehidupan mereka tidak terganggu. Sebab, saat banjir melanda, praktis aktifitas mereka jadi terganggu. (ano)

Leave a Reply