Menteri PU dan PR Kucurkan Dana Rp. 150 M Tuk Jalan dari Jembatan Air Duri II ke Muarasabak

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono bersama Gubernur Jambi Zumi Zola. foto: Kabarserasan.com/azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono menegaskan akan memprioritaskan jalan nasional yang ada di Jambi.

“Saat Pak Gubernur menghadap Pak Presiden di Jakarta, saya di telepon Presiden, saya diminta mealokasikan anggaran sebesar Rp. 150 miliar pada tahun ini untuk jalan nasional dari Jembatan Air Duri II, Kota Jambi menuju Pelabuhan Samudra, Muarasabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur,” katanya saat berkunjung ke Jambi, Jumat malam (10/3/2017).

Pemerintah Provinsi Jambi patut tersenyum sumringah, lantaran dana pusat tersebut dialokasikan dari provinsi lain.

“Dananya dari provinsi lain yang dialokasikan untuk pembangunan jalan nasional di Jambi sebesar Rp. 150 miliar,” tuturnya.

Bagi Basoeki, tidak ada istilah jalan nasional, “jalan provinsi dan jalan nasional adalah jalan punya negara.”

Gubernur Jambi Zumi Zola yang mendampingi Menteri PU dan PR menjelaskan kondisi jalan berstatus jalan provinsi dalam kondisi mantab sekitar 25 persen dan yang rusak 25 persen.

“Untuk memuluskan jalan-jalan tersebut, kita butuh dana bantuan dari pusat sebesar Rp. 1,8 triliun. Sedangkan APBD Jambi yang sudah diefisienkan hanya Rp. 500 miliar pertahunnya. Jadi kita masih butuh anggaran sekitar Rp. 1,3 triliun lagi,” imbuhnya.

Selain itu, Zola juga mengeluhkan adanya kendala di lapangan terutama pembebasan lahan. “Saya mohon bantuan masyarakat. Pembangun infrastruktur sangat diprioritaskan sekali saat ini, karena menyangkut perekonomian masyarakat,” harap Gubernur.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply