Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Kotabumi Dilanda Banjir

Banjir di Kotabumi, Lampung Utara/ Foto: ano

Kotabumi, Kabarserasan.com—Akibat diguyur hujan lebat selama hampir tiga jam, ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (09/03/2017) malam terendam banjir, dengan ketinggian air sekitar 70 sentimeter.

Banjir lebih disebabkan meluapnya Sungai Way Umban, akibat tidak mampu menampung debit air yang tinggi dan akhirnya mengalir ke kawasan pemukiman warga padat penduduk.

Tiga kecamatan yang terendam, yakni Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan dan Kecamatan Abung Selatan, Ketiga kecamatan tersebut berada di sepanjang aliran sungai Way Umban dan selama ini memang dikenal rawan banjir.

Untuk menanggulangi bencana alam ini, warga bergotong royong menanggulangi aliran air, sambil mengevakuasi sejumlah barang berharga yang mudah dibawa ke tempat yang dianggap aman. Selain merendam perumahan warga, sejumlah fasilitas umum yang berada di kawasan ikut terendam, seperti mushola.

“Warga sudah bergotorng royong, dan memndahkan barang-barang berharga yang bisa dibawa. Sebagian warga malah mengungsi ke tempat aman,” kata Marifan, salah seorang warga yang ditemui Kabarserasan.com, di lokasi banjir. (ano)

Baca Juga:
Ratusan Rumah di Kota Jambi Terendam Banjir
Banjir di Sejumlah Wilayah di Kabupaten Muara Enim

Leave a Reply