Ibunda Berpulang Pangdam II/Sriwijaya Berduka

Suasana pemakaman ibunda Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman Hj Kumsiah. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com  – Jambi berduka. Kamis pagi (9/3/2017), ibunda tercinta dari Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, yakni Hj Kumsiah berpulang ke rahmatullah.

Wanita sepuh berusia 85 tahun tersebut, meninggal dunia di Rumah Sakit Bratanata sekitar pukul 06.20 Wib setelah mendapatkan perawatan intensif atas penyakit yang dideritanya.

Menurut Dandim 0415/Batanghari Jambi Letkol Inf Denny Noviandi, saat meninggal dunia, anak tercintanya yang menjabat Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman masih bertugas di Palembang.

“Begitu mendengar kabar orang tuanya meninggal dunia, Pangdam beserta istrinya langsung bertolak ke Jambi dengan menggunakan pesawat terbang,” katanya.

Baru sekitar pukul 09.30, Pangdam sampai di rumah duka di Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Kota Jambi untuk kemudian memandikan, mengkafani dan menyolatkan almarhum ibundanya.

Usai sholat Zuhur, kemudian ibu lima orang anak ini dengan diiringi kendaraan dibawa keperistirahatkannya terakhir di pemakaman umum Bumi Ayu, Simpang Kawat, Kota Jambi.

Tampak hadir dalam pemakaman tersebut, selain masyarakat umum juga terlihat Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kapolresta Jambi Kombes Pol Bernard Sibarani serta perwira dan tamtama di TNI dan Polri.

Danrem Jambi Kolonel Inf Refrizal turut berduka atas wafatnya ibunda tercinta dari Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman di Jambi.

“Semoga almarhumah ibu Kumsiah segala amal ibadahnya diterima oleh Allah dan diampuni segala dosa-dosanya,” ujar Refrizal.

Selain itu, Danrem juga meminta maaf atas nama almarhum kepada masyarakat Jambi dan sekitarnya jika beliau ada kesalahan selama masih hidup.

Ucapan duka cita juga datang dari mantan Danrem 042/Garuda Putih Jambi yang kini menjabat sebagai Danrem 092/Samarinda Brigjen TNI Makmur Umar.

Melalui SMS, Makmur mendoakan semoga almarhum khusnul khotimah, diampuni dosa-dosanya serta mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT. “Amin ya robbal alamin,” tutupnya.

Sementara Dandim Batanghari menambahkan selain mempunyai lima orang anak yang salah satunya menjadi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, almarhum juga dikaruniai 14 orang cucu dan delapan orang cicit.

“Rencananya keluarga besar Pangdam akan menggelar tahlilan selama tujuh malam berturut-turut mulia Kamis malam ini usai sholat magrib,” sambung Denny.

Denny menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin turut serta membacakan yassin, tahlil dan doa dipersilahkan ke rumah duka.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply