Muzakir Sai Sohar Ajak Masyarakat Perangi Kebakaran

Atraksi pemadam kebakaran dan penyelamatan korban kebakaran yang dilperagakan petugas Pemadam Kebakaran Muara Enim. Foto: Kabarsersan.com/ Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengajak seluruh rakyat Indonesaa untuk melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan dari pada responsif kebakaran.

Hal ini disampaikan Muzakir saat membacakan Sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo dalam upacara HUT  Pemadam Kebakaran Ke-98 yang dilangsungkan di halaman Pemkab Muara Enim, Senin (6/3) sekitar pukul 08.00 wib.

” Kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencarian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan.  Bahkan khusus untuk kebakaran hutan dan lahan gambut dapat menimbulkan bencana pencemaran asap yang berdampak terhadap kesehatan dan transportasi serta terganggunya aktivitas ekonomi, berskala regional dan internasional,” kata Muzakir di Halaman Kantor Bupati.

Muzakir mengungkap, pada peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-98 ini untuk Kita mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik/industri, pasar hutan dan lahan gambut.

” Sosok petugas pemadam kebakaran hadir memberikan pelayanan  kepada masyarakat untuk merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan Panca Dharma yaitu, satu pencegahan dan pengendalian kebakaran, dua pemadam kebakaran, tiga, penyelamatan, empat
pemberdayaan masyarakat, lima penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun,” jelasnya.

Disamping tugas pokok itu, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hri libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”.

Dalam rangakaian peringatan HUT Pemadam Kebakaran itu,  juga digelar atraksi pemadam kebakaran dan penyelamatan korban kebakaran yang dilperagakan petugas Pemadam Kebakaran Muara Enim yang berlangsung di halaman Pemkab Muara Enim.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here