Sebabkan Banjir, Pemkot Jambi dan TNI-Polri Gotong-royong Bersihkan Drainase

Pemkot Jambi Kerahkan alat berat bersihkan drainase di kota Jambi, Foto: Kabarserasan.com/Azhari Sultan

Jambi, Kabarserasan.com –  Drainase di Kota Jambi  banyak yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya saat musim hujan beberapa daerah di Kota Jambi mengalami banjir.

Melihat kondisi ini, Walikota Jambi Syarif Fasha mengajak semua instansi pemerintah terkait dibantu TNI dan Polri melakukan gotong-royong bersama di kawasan Terminal Rawasari, Pasar, Kota Jambi, Jumat (4/3/2017).

“Saat ini, Pemkot Jambi bekerjasama TNI dan Polri bergotong royong untuk membersihkan drainase yang tersumbat di kawasan Pasar ini,” ujar Walikota Jambi Syarif Fasha didampingi Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi.

Pasalnya, sambung Fasha, setiap kali hujan deras dalam waktu lama di Kota Jambi, terjadi banjir hingga tergenang.

” Drainase menjadi tidak berfungsi karena banyak sampah, pasir dan limbah rumah tangga lainnya,” ungkap Fasha.

Rencananya tahun depan, Pemkot Jambi, baru akan memperbaiki drainase yang lebih baik lagi. “Tidak itu saja, di kawasan ini akan dibuat pelebaran jalan lagi serta dilengkapi pendestrian,” imbuhnya.

Lanjut dia,  pihak Pemkot Jambi beserta TNI-Polri sering melakukan gotong royong bersama di tempat yang sering terjadi banjir.

“Seperti di SD 84 Jambi Timur, setiap terjadi hujan deras pasti kebanjiran sekolahnya. Namun, sekarang sudah tidak banjir lagi, setelah dibersihkan petugas,” tutur Fasha.

Walikota Jambi tidak ingin Kota Jambi menjadi kota yang selalu tergenang banjir kalau terjadi hujan deras, karena bisa mengganggu aktivitas warga.

Dalam kegiatan gotong royong tersebut, tak pelak membuat jalan ke Terminal Rawasari menuju pusat Pasar, Kota Jambi harus ditutup sementara oleh Dinas Perhubungan Kota Jambi.

“Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini kepada pengguna jalan dan masyarakat setempat atas aksi gotong royong ini,” ujar Fasha.

Dandim 0415/Batanghari Jambi Letkol Inf Denny Noviandi mengapresiasi kegiatan gotong royong yang dipimpin langsung Walikota Jambi Syarif Fasha.

“Kegiatan ini sangat baik dilakukan. Apalagi saat ini musim hujan, jangan sampai Kota Jambi terjadi kebanjiran,” pungkasnya.

Untuk kegiatan ini, sambung Denny, ada 50 anggota Kodim diterjunkan ikut serta membersihkan parit-parit yang sudah lama tersumbat, hingga menyebabkan banjir bila terjadi hujan lebat.

“Saya berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Buanglah pada tempatnya, jangan dibuang ke got-got air,” harap Denny singkat.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply