Kapolda Musnahkan 236 Pucuk Senpira

Kapolda Sumsel Irjend Pol Agung Budi Maryato bersama Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq saat melakukan pemusnahan senipra di halaman Mapolres Muara Enim. Foto: Kabarserasan.com/ Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Sebanyak 236 pucuk senjata api rakitan (senpira) yang diserahkan masyarakat di wilayah hukum Polres Muara Enim di musnahkan dengan cara
di gergaji dengan menggunakan mesin gerinda.

Pemusnahan Senpira yang terdiri dari 201 pucuk senpira laras panjang dan 35 laras pendek dimusnahkan di halaman  Mapolres Muara Enim, Kamis (2/2/2017) yang dilakukan secara simbolis oleh Kapolda Sumsel Irjend Pol Agung Budi Maryato bersama Kasdam II Sriwijaya  Brigjen TNI Marga Taufiq, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin.

Kapolda Sumsel Irjend Pol Agung Budi Maryato mengatakan, Dia memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim dan PALI yang telah menyerahkan senpiranya secara suka rela.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar ikut melakukan pemusnahan abrang bukti Senpira. Foto: Kabrserasan,com/Amri

” Lebih baik diserahkan saja dari pada menyimpanya di rumah karena berisko. Misalnya hilang dicuri iorang dan bisa disalahkan gunakan,” kata Kapolda.

Baca Juga: Wakapolda Sumsel: Bikin Laporan Polisi Dimintau Uang Lapor ke- Saya

Kapolda juga mengingatkan, jika masyarakat kedapatan memiliki senjata api tanpa izin akan diancam dengan undang-undang darurat no 12 tahun 1951. ” Ancaman hukumannya tinggi, bisa 20 tahun atau seumur hidup,” terangnya.

Pada kesempatan itu Agung Budi juga mengajak kepada para kades, Babinsa, Babinkamtibmas untuk terus menerus menghimbau kepada masyarakat agar menyerahkan senjata api. ” Peran Kades, Babinkamtibmas dan Babinsa cukup penting.  Saya harap mereka betul menjalankan tugasnya dengan maksimal,” jelasnya.

Dalam kunjungan =nya ke Muara Enim, Kapolda juga memerikan santunan  200 paket sembako sebagai tali asih Kapolda kepada masyarakat Muara Enim.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply