Terminal Regional Bakal Difungsikan Untuk Tempat “Ngetem” Angkutan Batubara

Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin M.Si. Foto: Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Salah satu perusahaan angkutan batubara, PT Djan Resources berkeinginan untuk menjadikan terminal regional Muara Enim sebagai kantong pemberhentian sementara untuk armada mereka.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Pemkab Muara Enim Ir H Hasanudin M.Si  usai memimpin rapat di ruang rapat Serasan III Kantor Pemkab Muara Enim, kemarin.

Hasan menuturkan, saat ini Pemkab Muara Enim melakukan penjajakan dan mencari formula terbaik sebagai payung hukum sesuai undang-undang yang berlaku..

“Kita lagi cari payung hukumnya supaya tidak menyalahi aturan,” kata Hasanudin.

Dijelaskannya, PT Djan Resources di Kabupaten Lahat yang bergerak di bidang angkutan Batubara, melayangkan surat yang intinya mereka meminta izin ingin memanfaatkan terminal regional Kota Muara Enim sebagai tempat penampungan sementara mobil truk angkutan batubara mereka.

” Seperti kita ketahui,  truk angkutan batubara mereka terpaksa parkir di sepanjang jalan Lintas Sumatera Muara Enim – Lahat tepatnya di wilayah perbatasan. Hal mengakibatkan kemacetan dan menganggu para pengguna jalan lainnya,” tuturnya.

Karena itu,  lanjutnya, mereka berharap untuk diperbolehkan untuk memanfaatkan terminal tersebut. ” Jika nanti diperbolehkan,  hal ini selain akan lebih tertib dan tidak macet juga tidak akan menganggu pengguna jalan lain,” jelas Hasan.

Hasan berharap bia memanfaatkan asset daeraj ini untuk  meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan cara legalitas formal.  ” Kini sedang mencari formula terbaik apakah dengan sistim sewa menyewa, BOT atau lainnya,” tutup Hasan.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply