Sindikat Pembobol ATM Dibekuk Saat Beraksi

Dua pelaku pembobol ATM diamankan polisi Kota Jambi. Foto: Kabarserasan.com/Azhari Sultan

Jambi, Kabarserasan.com – Tiga pelaku sindikat pembobol ATM yang sering beraksi di Kota Jambi lagi bernasib sial.

Petualangan, tiga orang pelaku, dua diantaranya wanita berakhir setelah  dibekuk petugas dan anggota Satpam Bank BRI, Rabu sore (22/02/2017) saat melakukan aksinya di ATM Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Manap, Mayang, Kotabaru, Kota Jambi.

Dari informasi yang didapat, kejadian tersebut bermula saat nasabah Bank BRI bernama Nurhayati melaporkan ke Bank BRI jika ATM miliknya hilang saat berpergian.

Pihak Bank BRI pun langsung melakukan pemeriksaan disetiap ATM yang ada di Kota Jambi. Hasilnya, ternyata di ATM atas nama yang sama sedang melakukan penarikan dengan jumlah besar sekitar Rp. 9 jutaan.

Selanjutnya petugas melakukan pelacakan hingga mendapati pelaku sedang menarik uang di ATM yang berada di depan Rumah sakit Abdul Manap Kota Jambi.

Tanpa disadari ketiga pelaku, petugas yang datang berhasil meringkusnya, tanpa ada pelaku yang kabur melarikan diri.

Sontak saja, penangkapan tersebut membuat heboh warga sekitar dan yang melintas, sehingga beberapa orang warga juga ikut membantu meringkus para pelaku.

Menurut Kepala Unit BRI Mayang Sulaiman yang ikut serta dalam penangkapan tersebut, mengakui bila tadi ada nasabah yang  melaporkan  kehilangan ATM miliknya.

“Saat petugas kita melacaknya ternyata ada penarikan dalam jumlah besar pada ATM-nya. Ternyata pelaku sedang menarik uang milik korban di ATM mini, lalu petugas kita langsung mengamankan,” ungkapnya.

Sulaiman menambahkan, pelakunya ada tiga orang dan masih remaja, dua orang wanita dan satu orang pria. “Dua orang perempuan ini pakai baju warna pink sedangkan cowok pakai baju warna coklat.”

Dari hasil rekaman CCTV yang ada di rumah sakit, dalam menjalankan aksinya mereka berbagi peran yang berbeda. “Satu orang di dalam ATM bertugas mengeruk uang milik korban, sedangkan dua orang wanita terlihat sedang menunggu di luar ATM,” tukas Sulaiman.

Hal senada juga diuangkapkan Ricky (33) pedagang gorengan yang berada di depan Bank BRI Mayang, “sayo dak tau jugo, tibo–tibo satpam dan petugas BRI langsung nangkap tiga orang ini. informasinya tiga orang ni ngambil uang di ATM.”

Tidak lama kemudian petugas kepolisian dari Polsek Kotabaru tiba di lokasi kejadian, lalu membawa para pelaku ke kantor polisi guna penyidikan lebih lanjut.

“Benar, tiga orang pelaku yang diduga pembobol ATM sudah kita amankan dan lagi dilakukan proses penyelidikan,” imbuh Iptu Rendie Rienaldi.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply