Belum Miliki Metal Detektor Narkoba, Petugas Lapas di Jambi Lakukan Pengawasan Ketat

Kepala Kantor Wilayah Kemenhumkam Provinsi Jambi Bambang Palasara. Foto: Kabarserasan.com/Azhari Sultan

Jambi, Kabarserasan.com – Kepala Kantor Wilayah Kemenhumkam Provinsi Jambi Bambang Palasara mengeluhkan peralatan yang sangat kurang di Lapas yang ada di Jambi. Pasalnya, dari 12 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada , tidak ada satupun yang memiliki alat metal detektor khusus narkoba.

“Saat ini, seluruh Lapas di Jambi, tidak memiliki alat metal detektor khusus narkoba,  Kalaupun ada,  hanya metal detektor khusus senjata tajam (sajam),” ujarnya kepada sejumlah media, Senin (20/02/2017).

Meskipun begitu, Dia mengatakan pengawasan ketat terus dilakukan agar mengurangi peredaran barang haram tersebut. “Pengawasan kita hanya bersifat manual dengan mengecek setiap barang bawaan pengunjung secara,” ungkap Bambang.

Selain itu, bila ada anggotanya yang kedapatan menyelundupkan atau memakai narkoba, Dia tidak akan sungkan-sungkan pemberhentiannya. “Sanksi untuk sipir selain kita proses secara administrasi, juga akan kita proses secara hukum,” terangnya.

Meski demikian, tidak ada pengawasan ketat terhadap beberapa Lembaga Pemasyarakatan karena  sifatnya fluktuatif.

“Semua tetap kita lakukan pengawasan secara ketat. Namun saya liat ini hanya fluktuatif saja, ada yang naik dan ada juga yang turun,” ungkap Bambang.

Menurutnya, seluruh Lapas di Jambi kesemuanya udah over kapasitas kecuali Lapas di Kabupaten Sarolangun. Bahkan, dirinya mengakui kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pejagaan.

“Untuk SDM kita memiliki tenaga sekitar 1.800 orang. Kita sudah ajukan surat ke bupati maupun walikota, apabila ada PNS-nya ingin bergabung untuk dipersilahkan karena kita udah empat tahun ini moretarium tidak ada penerimaan pegawai khusus penjagaan,” imbuh Bambang.

Dia juga berharap dengan adanya Lapas khusus narkoba di Sabak Kabupaten Tanjungjabung Timur, bisa benar-benar memusatkan perhatian dan mengurangi peredaran narkoba di Lapas biasa.

“Dengan adanya Lapas narkoba di Sabak ini mudah-mudahan bisa dilakukan pengawasan secara ketat,” tuturnya.

Penulis: Azi
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here