Uang Sertifikasi Belum Turun, Muzakir Minta Guru Sabar

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar. Foto: Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar angkat bicara terkait belum dibayarnya uang sertifikasi guru untuk triwulan keempat tahun 2016.

Muzakir mengatakan, Pihak Pemkab menyadari uang sertifikasi ini merupakan hak guru yang harus dibayar.

” Itu hak mereka (guru) tetap harus dibayar. Namun karena kondisi keuangan yang belum memungkinkan terpaksa belum bisa kita bayarkan, ” kata Muzakir kepada Kabarserasan.com di ruang kerjanya, Jumat, (17/02/2017).

Menurut Muzakir hal ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Muara Enim, tapi hampir di seluruh daerah . Penyebabnya sama, belum ada transfer dari pemerintah pusat.

” Kita sudah meingatkan dan menagih dana yang memang hak Pemkab Muara Enim. Kemarin saya baru terima surat dari dirjen keuangan. Mereka menyatakan Dana Pemkab Muara Enim memang ada.  nilainya Rp 220 miliar. Namun dana tersebut belum bisa ditransfer, karena masih ada. Kalau sudah begini, kita mau ngomong apa” ujar Muzakir.

Meskipun belum menerima uang sertifikasi ,  Muzakir berharap guru-guru tetap bekerja dengan penuh semangat. ” Kita tetap akan upayakan agar segera dibayar, Kami minta mereka bersabar dan tetap melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” harapnya.

Sementara seorang guru  yang mengajar di salah satu SMPN di Muara Enim mengaku sangat berharap agar uang sertipikasi segera dibayarkan. ” Iyo pak, semoga segera dibayarkan. Soalnya kali gaji lah abis untuk bayar hutang, SK kami lah disekolahkan (dijaminkan ke bank). Jadi uang sertifikasi itu sangat kami harapkan,” harapnya.

Namun guru yang minta namanya dirahasiakan unu juga mengerti jika hal ini bukan kesalahan Pemkab Muara Enim. ” Nak diapoke lagi, kalu duit dari pusat belun turun, minta-mintalah jangan lamo nian,” ujarnya dengan nada pasrah.

Meski demikian, dia mengatakan, dia tetap menjalankan tugas seperti biasa. ” Kami tetap mengajar seperti biasa. Kalu dak ngajar kesian anak didik,” ujarnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here