Bikin Macet, Polisi Timbun Jalan Berlubang

Kasatlantas Polres Muara Enim AKP Adik Sulistyono. Foto: Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Satlantas Polres Muara Enim berinsiatif melakukan penimbunan jalan berlobang di beberapa titik jalan negara Lintas Sumatera. Kegiatan yang dilakukan secara swadaya ini salah satunya di lakukan di pintu perlintasan rel Kereta Api Ujan Mas, Kecamatan Ujan Mas,  Kabupaten Muara Enim, Minggu (12/2/2012).

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan melalui Kasatlantas AKP Adik Sulistyono mengatakan, ada beberapa titik jalan negara yang ditimbun karena sering menyebabkan kemacetan, bahkan sering mengkibatkan  kecelakaan.

“Kalau yang jalan negara yang rusak dan berlobang itu cukup banyak. Kita berinisitiaf menutup titik-titik yang parah dan sering membuat lakalantas saja dulu,” ujar Kasatlantas AKP Adik Sulistyono didampingi Kasubag Humas AKP Arsyad Agus.

Adik menuturkan,  untuk jalan negara yakni Jalan Lintas Sumatera Palembang – Muara Enim, sebagian kondisinya sudah rusak dan berlobang, terutama dari Kota Prabumulih ke arah Kota Muara Enim. Hal tersebut akibat beban kendaraan yang melintas sering melebihi kapasitas yang diizinkan, khususnya  angkutan truk batubara.

Dan saat ini, ada beberapa titik jalan yang sangat urgen untuk segera diperbaiki oleh instansi terkait karena sering menimbulkan kemacetan hingga lakalantas.  ” Apalagi saat ini, musim hujan banyak jalan yang berlobang tergenang air sehingga para pengemudi sering terjebak terutama pada malam hari dan pengemudinya tidak hapal dengan jalan tersebut,” jelasnya.

Adik mencontohkan jalan di di Ujan Mas. ” Karena jalan rusak ini , setiap malam selalu terjadi kemacetan yang cukup panjang dan berjam-jam sehingga menganggu kenyamanan pengguna jalan,” ujar Kasatlantas.

Kasatlantas berharap jalan rusak ini segera di perbaiki oleh pihak terkait  seperti PU Bina Marga yang bertanggungjawab memperbaiki jalan tersebut. ”  PT KAI juga harus berperan dengan memperbaiki jalan di setiap pintu perlintasan, agar tidak menambah korban jiwa lagi kedepan,” kata dia.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply