Bupati Muara Enim Lantik Tiga Direksi PDAM Lematang Enim

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar saat melantik 3 direksi PDAM LE Foto: kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Perusahaan Daerah Air Minum Lematang Enim memasuki babak baru dalam manjemen. Jika sebelumnya hanya memiliki satu direksi, saat ini perusahaan milik Pemkab Muara Enim miliki tiga direksi, yakni direktur utama, direktur teknik dan direktur umum.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melantik tiga direksi baru yakni Suhartono sebagai Direktur Utama, Hadi Nasution sebagai Direktur Teknik dan Wahyu Ningsih sebagai Direktur Umum.

Muzakir mengatakan dilantiknya tiga nama direksi itu melalui proses yang panjang melalui seleksi terbuka yang sangat ketat.

” Mereka direkomendasikan oleh panitia seleksi setelah melalui proses yang panjang.  Mereka harus melalui fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) yang sangat ketat,” kata Muzakir usai melantik direksi PDAM di Aula PDAM LE, Muara Enim , Rabu (07/02/2017).

Muzakir menuturkan rangkaian seleksi antara lain proses pengumuman melalui website dan media cetak, seleksi administrasi, test psikologi, test kesehatan dan bebas narkoba, test kompetensi, penyampaian visi misi hingga wawancara.

Menurut Muzakir proses ini dilakukan dalam rangka memenuhi asas transparansi dan keterbukaan  dalam pengisian jabatan direksi pada badan usaha milik Pemkab Muara Enim.

” PDAM Lematang Enim bidang usahanya bergerak disektor pelayanan publik yang menyangkut hajat hidup  dan kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga untuk memimpinnya dibutuhkan profesional yang memiliki kemampuan manajemen dan kemampuan teknis yang handal,” jelasnya.

Selain itu, keterbukaan dalam proses rekrutment ini memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga negara  untuk mengisi  posisi top manajemen pada PDAM Lematang Enim.

” Saya berharap dengan proses terbuka ini dapat menghilangkan stigma negatif tentang pengisian jabatan direksi PDAM LE yang disebut sebagai lahan untuk kepentingan penguasa.  Karena regulasi yang mengatur proses  ini  tidak memberikan ruang untuk hal seperti itu,” tegas Muzakir.

Dia berharap, manajemen baru ini dapat memberikan angin segar pada PDAM LE menuju arah yang lebih baik. ” Semoga PDAM LE lebih mandiri, profesional dan secara kelembagaan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply