Nurul Aman Ingatkan Kades Agar Gunakan Dana Desa dengan Benar

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan pada bulan Februari  dalam penajaman, penyelarasan, klarifikasi  dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.
” Usulan rencana kegiatan yang dianggap prioritas dan sudah disepakati tersebut sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan  Kecamatan (RPK) yang akan dibahas pada forum SKPD. Kemudian diusulkan  menjadi kegiatan SKPD sesuai kewenangan masing-masing. Hasilnya menjadi Renja SKPD dan RKPD Kabupaten Muara Enim 2018 yang akan disesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan daerah,” kata Wabup Muara Enim H Nurul Aman SH saat membukan Musrencam Belida Darat, Selasa (07/02/2017).

Nurul Aman menjelaskan,  Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 merupakan perencanaan  tahun kelima RPJMD tahun 20143-2018 dengan visi Mewujudkan Masyarakat Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera di Bumi Serasan Sekundang.

” Misi RPJMD Muara Enim ada lima yakni, pertama  meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, kedua melaksanakan reformasi birokrasi, ketiga pengembangan ekonomi berbasis sumber daya lokal, ke empat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kelima meningkatkan kelestarian lingkungan hidup,” jelasnya.

Nurul mengakui untuk mencapai misi tersebut bukalah hal yang mudah, karena itu perhatian dari semua pihak, terutama kepedulian masyarakat .  Untuk tahun 2018 tema pembangunan adalah ” Pembangunan Ekonomi lokal untuk kesejahteraan rakyat.

Nurul mengingatkankan, ditengah kondisi ekonomi yang memprihatinkan saat ini, dalam menyusun program kegiatan 2018 akan benar-benar kegiatan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

” Terkhusus saya ingatkan kepada seluruh kepala desa dan perangkatnya agar penggunaan dana desa dipergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan RPJM Desa. Saya tidak mau dengar ada perangkat desa yang berurusan dengan aparat hukum karena menyalahgunakan dana desa,” tegas Nurul.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply