BPJS Perkenalkan Aplikasi Mobile Skrining, Cara Mudah Deteksi Penyakit

Jambi, Kabarserasan.com—BPJS Kesehatan kini punya aplikasi, namanya Mobile Skrining, yang memungkinkan masyarakat, dengan mudah dapat mengetahui potensi penyakitnya secara dini, termasuk penyakit diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik, dan jantung coroner, yang gejalanya sering diabaikan masyarakat Indonesia.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Dyah Miryanti, pada acara peluncuran layanan Mobile Skrining Day oleh BPJS Kesehatan di Jambi, Rabu (01/02/2017) mengatakan pada fase awal, umumnya orang tidak merasa terganggu oleh gejala yang ditimbulkan. Kebanyakan masyarakat baru sadar setelah mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut.

Skrining riwayat kesehatan, jelas Dyah, merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Jika sebelumnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

“Maka sekarang mereka bisa melihat potensi risiko kesehatannya cukup dengan melakukan skrining riwayat kesehatan melalui fitur skrining riwayat kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa diakses di handphone,” katanya,

Lebih lanjutnya dirinya mengatakan, peserta BPJS Kesehatan dapat mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol log in, peserta dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan.

Kemudian, peserta BPJS Kesehatan akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan peserta. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu juga.

Jika peserta memiliki risiko rendah, maka mereka akan disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap harinya. (azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here