Walikota Jambi Akan Islamkan Ratusan Warga SAD

Suku Anak Dalam di Jambi/ Foto:Sportourism.id

Jambi, Kabarserasan.com—Warga Kota Jambi heboh, dengan tersiarnya kabar, Walikota Jambi Syarif Fasha, Senin (30/01/2017) besok akan mengislamkan ratusan warga suku anak dalam (SAD) di Balai Adat Tanah Pilih Pusako Batuah, di kawasan perkantoran Kotabaru, Kota Jambi.

“Ini mungkin pertama kali terjadi di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Sebanyak 404 warga SAD yang tinggal di pedalaman Provinsi Jambi akan mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat, dibimbing langsung oleh Walikota Jambi Syarif Fasha,” kata Kabag Humas Pemkot Jambi Abu Bakar, Minggu (29/01/2017).

Abu Bakar menjelaskan kegiatan tersebut awalnya diinisiasi oleh Yayasan Agrapana Bhumi Indonesia (YABI), yang memberi perhatian besar dalam hal penanganan lingkungan dan sosial bersama dengan ormas Front Pembela Islam (FPI) Kota Jambi.

Untuk memantapkan rencana itu, kedua organisasi (YABI dan FPI), jelas Abu Bakar, kemudian menghubungi Lembaga Adat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, yang selanjutnya disampaikan kepada Wali Kota Jambi selaku Pemangku Adat.

“Bapak Wali Kota sangat merespon positif, karena dalam agama tidak boleh menghalangi sebuah perbuatan baik apalagi ini urusannya memfasilitasi saudara kita yang mau masuk Islam.

Terlebih lagi saat ini mereka memang animisme (tidak memiliki agama). Ini pahalanya sangat luar biasa besarnya di hadapan Allah SWT. Wali Kota kemudian minta agar dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar proses pengucapan syahadat itu berjalan dengan baik,” ujar Abu Bakar.

Kabag Humas Pemkot Jambi, Abu Bakar

Abu Bakar juga menjelaskan berbagai kebutuhan seperti penjemputan, penginapan, konsumsi termasuk pakaian dan perkengkapan ibadah seperti baju koko, kain sarung dan peci bagi pria serta jilbab dan mukena bagi wanita telah disiapkan sepenuhnya oleh Wali Kota Syarif Fasha.

“Wali Kota Jambi Bapak Syarif Fasha telah menyiapkan berbagai kebutuhan kegiatan tersebut secara pribadi,” jelas Abu Bakar.

Saat prosesi pengucapan dua kalimat syahadat itu, warga SAD akan dipandu beberapa alim ulama dari MUI dan Kementerian Agama. Selain itu, akan hadir menjadi pembimbing dua tokoh ulama, Syekh Ali Jaber yang baru-baru ini ditunjuk sebagai Duta Perdamaian PBB, dan Ketua Umum DPP FPI KH. Ahmad Shobri Lubis, LC.

Setelah pengucapan kalimat syahadat, lanjut Abu Bakar, warga suku anak dalam itu akan mengikuti prosesi berikutnya, yaitu mandi wajib dan khitanan. Ketua FPI Kota Jambi Sayyid Ahmad Syukri Baraqbah saat dikonfirmasi menyampaikan rasa syukurnya atas peristiwa itu dan akan siap membantu memperlancarnya.

“Kami siap dengan sumber daya yang ada, kami akan siapkan laskar untuk membantu mobilisasi, apa saja yang dibutuhkan sesuai kemampuan kami siap, termasuk menyiapkan da’i untuk melakukan pembinaan lanjutan kepada saudara-saudara kita itu,” tuturnya. (azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here