Peringati Hari Jadi ke-67, Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim Kedepankan e_Gov PASTI

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH menerima potongan tumpeng dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul Syatri pada acara peringatan hari Imigrasi ke-67 di Aula Kantor Imigrasi kelas II Muara Enim, Rabu (25/11/2017) foto: Kabarserasan.com

Muara Enim, Kabarserasan.com – Dalam rangka memperingati hari jadi Imigrasi ke 67,  Kantor Imigrasi kelas dua menggelar apel di halaman Kantor Imigrasi kelas II Muara Enim, Kamis (26/01/2017).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman, Kasdim 0404 Muara Enim, Mayor Inf Nurwaliyanto, Kalapas Muara Enim, perwakilan Kejari, Pengadilan Negeri dan beberapa kepala SKPD di Lingkup Kabupaten Muara Enim.

Kepala Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul Syatri mengatakan, peringatan hari jadi ini dijadikan momentum untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarkat yang membutuhkan jasa keimigrasian.

Pada kesempatan itu, Telmaizul menyatakan Imigrasi sebagai instansi vertikal yang ditugaskan di Kabupaten Muara Enim yang membawahi 9 kabupaten dan 2 kota  saat ini membutuhkan tambahan SDM.  Karena SDM yang ada saat ini dirasakan masih kurang.

Menurut Telmaizul, idealnya Kantor Imigrasi kelas II memiliki 50 pegawai. ” 4O PNS dan 10 TKs, namun saat ini hanya ada 33 pegawai dengan 20 PNS dan 10 TKS,” jelasnya.

Karena itu dia menawarkan kepada Wabup, jika ada PNS yang mau pindah ke Imigrasi Muara Enim dia akan menerima dengan tangan terbuka.

Apalagi ditengah isu banyaknya tenaga kerja asing yang masuk tanpa melalui prosedur yang semestinya,  kebutuhan akan pegawai ini diharapkan segera teratasi.

” Saya tidak mau menyebutnya ilegal, karena orang asing yang berada di Kabupaten Muara Enim ini adalah legal. Hanya saja mereka menyalahi izin,” jelasnya.

Kedepan, meskipun pegawai masih terbilang minim, Kantor Imigrasi kelas II Muara Enim tetap akan berusaha keras untuk membantu Pemkab dalam hal pembangunan di bidang keimigrasian.

” Dihari jadi Imigrasi yang ke-67 ini  kita mengedepankan e-Goverment PASTI nyata.   PASTI itu merupakan singkatan dari, Profesional. Akuntabel, Sienergis, Transfaran dan Inovatif,” terangnya.

” Imigrasi memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan kepastian persyaratan, waktu, biaya dan kepastian selesainya pelayanan,” tambahnya.

Selain itu Imigrasi juga sebagai fasilitator pembangunan nasional. ” Peran kita  membantu investasi asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Muara Enim, ” kata Telmzaizul.

Sementara Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH  memberi apresiasi yang tinggi terhadap program-program Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim.

”  Hari jadi Imigrasi ke-67 tahun yang mengambil tema ” Imigrasi e_Gov PASTI Nyata” ,  saya harap dapat terlaksana secara maksimal,” kata Nurul di Aula Kantor Imigrasi Muara Enim, Kamis (26/01/2017).

Menurut Nurul, kerjasama Imigrasi dan Pemkab Muara Enim hingga saat ini berjalan sangat baik. ” Kerjasama yang baik ini, tentu saya harap bisa dipertahankan, bahkan kita tingkatkan lagi, dalam rangka melaksanakan tugas melayani masyarakat” tegasnya.

Menanggapi yang disampaikan Kepala Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul Syatri terkait kekurangan SDM di Kantor Imigrasi,  Nurul mengatakan, pada prinsipnya dia menyetujui jika ada PNS di lingkungan Pemkab Muara Enim yang mau pindah ke Kantor Imigrasi.

” Jika memang ada PNS di Lingkup Pemkab Muara Enim yang  mau hijrah ke Kantor Imigrasi ini tentu akan dorong. Tentu hal ini akan di koordinasikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muara Enim,” jelasnya.

Karena, kata Nurul Pemkab Muara Enim belum menerima lagi PNS dalam beberapa tahun terakhir, sedangkan PNS yang pensiun cukup banyak.

” Mungkin dengan kondisi ini Pemkab pun kekurangan pegawai, karena itu akan dikoordinasikan dengan BKD. Namun pada prinsipnya tawaran tersebut kami sambut dengan baik, ” terangnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here