Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Muara Enim Meningkat

Menpan-RB Asman Abnur memberiak sertipikat penilaian SAKIP kepada Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Rabu (25/01/2017)

Bandung, Kabarserasan.com –  Pemerintah Kabupaten Muara Enim kembali menerima penghargaan terkait laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) pada 2016.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyatakan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemkab Muara Enim sehingga  pada tahun ini nilai LAKIP Muara Enim meningkat dari sebelumnya.

” Hasil evaluasi SAKIP  (sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah) Pemkab Muara Enim dari tahun 2012 hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Berdasarkan evaluasi SAKIP tahun 2016 oleh Kementerian PAN dan RB, Pemkab Muara Enim mendapat nilai B (baik),”  kata Muzakir usai menerima penghargaan SAKIP dari Menpan & RB di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Rabu (25/01/2017).

Menurut Muzakir, keberhasilam SAKIP Kabupaten Muara Enim yang meraih nilai B tahun 2016, tidak terlepas dari dukungan sepenuhnya oleh keberhasilan kinerja perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan pencapaian kinerja semua perangkat daerah di lingkup Pemkab Muara Enim.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar didampingi Ka Inspektorat Antoni dan Ka Bappeda Muara Enim Abdul Nadjib usai menerima penghargaan SAKIP
Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar didampingi Ka Inspektorat Antoni dan Ka Bappeda Muara Enim Abdul Nadjib usai menerima penghargaan SAKIP

” Kedepan, saya berharap, AKIP Pemkab Muara Enim akan terus lebih baik lagi, sehingga pada akhir masa jabatan saya AKIP Pemkab Muara Enim mendapat penilai BB (sangat baik) sesuai dengan target yang ditetapkan dalam RPJMD),” harap Muzakir.

Untuk mencapai target tersebut, Muzakir memerintahkan kepada semua perangkat daerah dapat lebih serius   dan bersunggung-sungguh dalam penyusunan dan pelaksanaan, perencanaan program sesuai target kinerja outcome yang di tetapkan.

” Selain itu saya berharap agar implementasi sistem aplikasi SAKIP berbasis IT (informasi teknilogi) dapat ditingkatkan dan dikembangkan  pada 2017 ini. Agar  pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja yang ada pada perangkat daerah lebih mudah dan visi misi “SMAS” dapat terwujud diakhir masa jabatan saya,”  pungkas Muzakit.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply