Kalapas Jambi Keluhkan Jumlah Napi Yang Over Kapasitas

Jambi, kabarserasan.com– Pasca terjadi kericuhan di Lapas Klas II A di Jalan Pattimura, Rawasari, Alam Barajo, Kota Jambi, Jumat kemarin, terkuak jumlah narapidana yang menghuni Lapas sudah over kapasitas.

Saat ini, sudah sejak lama Lapas Klas II A Kota Jambi ini mengalami over kapasitas yang terbilang sangat akut.

Mestinya, hotel prodeo di Lapas ini maksimal dihuni oleh sekitar 350 hingga 400 napi atau tahanan. Namun kelebihannya sudah hampir 100 persen, lebih banyak hingga tercatat 1.735 orang.

Menurut Kalapas Klas IIA Jambi, Djarot Sugiharto, permasalahan tersebut sudah terjadi sejak lama. Karena alasan itulah mau tak mau harus menempatkan napi secara berdesakan.

“Kondisinya memang seperti itu. Jadi harus berdesakan, bahkan dalam satu kamar saja harus dibuat lebih rapat karena melebihi ideal hunian. Ya, disesuaikan dengan semestinya,” katanya.

Seharusnya, imbuh Dia, untuk kapasitas kamar tahanan idealnya dihuni dua sampai tiga napi, namun saat ini sudah sampai sembilan bahkan ada yang lebih.

“Kalau kita razia agak susah, soalnya tempatnya yang sempit. Jadi agak susah apa lagi di sini napi narkoba yang paling banyak mendominasi, yakni sekitar 900 orang dan diikuti kasus lain,” tambah Djarot.

Baginya, bukan masalah ketertiban yang kurang ketat di lapas ini, namun saat ini kita memeriksa napi hanya menggunakan alat seadanya.

“Belum ada alat khusus yang bisa mendeteksi keberadaan barang narkoba,” tandasnya. (azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here