Zola Datangi Lapas Pasca Kericuhan

Jambi, kabarserasan.com– Pasca terjadi kericuhan narapidana Lapas Klas II A Jambi di Jalan Pattimura, Rawasari, Alam Barajo, Kota Jambi, Jumat pagi (20/01/2017) di dalam Lapas mengundang perhatian dari berbagai pihak. Gubernur Jambi, Zumi Zola yang mendengar kejadian itu langsung mendatanginya untuk memantau situasi.

Menurutnya, sebelum terjadi keributan di Lapas kemarin, ia sudah berdiskusi dengan Kakanwil Kemekumham Jambi, Bambang Palasara, soal permasalahan Lapas di Jambi.

Salah satu permasalahan Lapas di Jambi saat ini, sambung Zola, adalah kurangnya personel. Kakanwil Kemenkumham sendiri juga sudah menyampaikan permintaan agar personel di Lapas bisa ditambah.

“Saat ini perbandingannya, 1 petugas memantau 100 orang napi. Ini salah satu permasalahan yang terjadi dan sudah disampaikan ke kami,” ujarnya.

Terkait permasalahan ini, Zola mengatakan pihaknya akan melakukan kajian untuk mencari solusinya. “Bisa saja nantinya PNS Pemprov Jambi, kita perbantukan ke Lapas,” kata Zola.

Begitu juga dengan peningkitan fasilitas Lapas, pihaknya akan melakukan pengkajian. Termasuk juga untuk mentransfer napi dari Lapas yang sudah overload.
“Untuk transfer napi ini akan kita kaji, termasuk masalah biayanya,” pungkas Zola.

Atas kejadian tersebut, Zumi Zola meminta kepada pihak Lapas untuk menindaklanjuti tuntutan para penghuni lapas. Sedangkan untuk peningkatan fasilitas Lapas akan dilakukan pengkajian terlebih dulu.

“Mereka pasti punya aspirasi dan masukan ke kita dan sudah di tampung. Saya berharap Kalapas dan Kankanwil untuk segera menindaklanjuti sesuai kewenangan,” kata Zola.

Seks in itu, penghuni Lapas meminta kepada Gubernur Jambi agar dibuatkan sumur bor agar kebutuhan air bersih didalam lapas terpenuhi.

“Tadi ada permintaan pembuatan sumur bor, karena kondisi narapidananya sudah mencapai 1.000 lebih, jadi kebutuhan air bersih juga sangat banyak. Saya minta ke Kalapas untuk mengajukan proposal kepada kami,” imbuh Zola.

Menurutnya, proposal tersebut apakah akan diajukan pada APBD perubahan atau pada anggaran 2018, yang terpenting ajukan terlebih dahulu proposalnya kepada Pemerintah Provinsi Jambi.

Saat ini, lanjut Zola, kondisi di dalam Lapas Klas II A Jambi sudah kondusif, setelah mendapatkan arahan dari Kakanwil.

“Alhamdulillah suasana sudah cair , juga kondisi sudah enak dingin, tidak ada masalah sama sekali, kami juga mohon kepada penghuni Lapas tetap menjaga kondisi yang kondusif,” pungkas Zola. (azi)

Leave a Reply