Muzakir Minta Peran Forum LLAJ Lebih Maksimal

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar didampingi Wabup Nurul Aman, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan dan Ketua DPRD Muara Enim Aries HB saat membuka Rakor Forum LLAJ Kabupaten Muara Enim

Muara Enim, Kabarserasan.com – Forum lalu lintas dan angkutan jalan adalah badan ad hoc yang berfungsi sebagai wahana untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi setiap instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan.

” Forum ini diharapkan dapat menganalisa permasalan, menjembatani, menemukan solusi dan meningkatkan pelayanan dan bukan sebagai aparat penegak hukum,” kata Bupati Muara Enim Muzakir  Sai Sohar saat membuka Rapat Koordinasi Forum lalu lintas dan angkutan jalan di Aula Kantot Bappeda, Jumat (13/01/2017) sore.

Adapun tugas forum ini antara lain, menginventarisasi tingkat pelayanan jalan dan permasalahan yang ada serta menyusun rencana dan program pelaksanaan tingkta pelayanan jalan yang diinginkan.

Selain itu untuk merencanakan pembangunan dan optimalisasi pemanfaatan ruas jalan. ” Di forum ini juga dibahas perbaikan geometrik ruas jalan dan persimpangan. Penentapan kelas jalan setiap ruas jalan kabupaten, uji kelaikan fungsi jalan sesuai standar keamanan dan keselamatan berlalu lintas serta pengembangan sistem informasi dan komunikasi di bidang prasarana jalan.” jelasnya.

Namun, menurut Muzakir,  Forum  LLAJ ini belum berperan secara maksimal. ”  Forum FLLAJ Kabupaten Muara Enim telah dibentuk pada 17 Februari 2012 lalu. Namun sayangnya peran forum ini belum maksimal,” .ungkapnya.

Kedepan dia berharap forum ini dapat meningkatkan peran  serta fungsi masing untuk menciptakan ketertiban, keamanan dan keselamatan lalu linjan dan angkutan jalan di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply