Perpusda Muara Enim Terima Hibah Mobil Perpustakaan Keliling

Mobil Perpustakaan Keliling foto: IST

Muara Enim, Kabarserasan.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim mendapat bantuan satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dan 1.200 buku bacaan Perpustakaan Nasional (Perpunas) RI.

Bantuan tersebut diserahkan Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar di halaman Pemkab Muara Enim, Senin (9/1/2016).

” Mobil ini akan melayani masyarakat atau pelajar di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan atau ditempat-tempat yang banyak peminat pembacanya,” kata Muzakir di halaman Pemkab Muara Enim.

Menurut Muzakir, dia akan melihat respon masyarakat terkait pemberian MPK ini. ” Jika sambutannya positif, bisa saja Pemkab akan menganggarkan sendiri melalui APBD untuk pembelian MPK yang disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan ditempuh MPK itu,” ujarnya.

Muzakir menyadari kondisi jalan di Muara Enim belum sepenuhnya mulus, karena itu untuk menjangkau hingga pelosok desa diperlukan mobil yang handal.

” Untuk mencapai pelosok desa yang jalannya masih jelek tentu diperlukan spek kendaraan yang bagus. Misalnya mobil harus double gardan,” terangnya.

Selain peningkatan sarana dan prasarana kendaraan, lanjutnya, Pemkab juga akan melakukan perbaikan gedung perpustakaan yang lebih representatif. ” Agar masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan daerah merasa nyaman,” kata dia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muaraenim Ir Maryana menambahkan, mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan usulan pada tahun 2016 lalu, namun baru diterima pada tahun 2017 ini.

” Selain MPK, kita juga menerima hibah 1.200 eksamplar buku yang terdiri dari 600 judul. Untuk kategori buku adalah umum, bisa dibaca oleh semua kalangan baik pelajar atau masyarakat umum,” jelasnya.

Maryana menuturkan, sebelumnya Perpusda Muara Enim sudah memiliki satu unit MPK. Dengan demikian, Perpusda Muara Enim kini milik dua unit MPK.

” Mobil perpustakaan ini nantinya akan berkeliling ke sekolah-sekoah dan desa-desa terutama yang minta bacanya tinggi. Selain buku bacaan, jika memungkinan didalam mobil, juga bisa ditambah dengan fasilitas internet sehingga masyarakat bisa melek teknologi,” ujar Maryana.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply