Muara Enim Bakal Miliki BUMDes Khusus Sampah

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH

Muara Enim, Kabarserasan.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muara Enim menggelar sosialisasi perencanaan program pengelolaan Bank Sampah berbasis pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Muara Enim tahun 2016 berlangsung di aula Gedung Kesenian Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Kamis (29/12/2016).

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH dalam sambutannnya mengatakan, pemahaman masyarakat akan pentingnya pemanfaatan sampah masih perlu untuk ditingkatkan lagi, karena permasalahan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

” Kita berharap, seluruh lapisan masyarakat dapar turut serta dalam membantu pemerintah untuk bergerak menangani permasalahan sampah tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan pengolahan sampah berbasis masyarakat dengan penerapan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle),” kata Nurul.

Nurul menegaskan, pengelolaan sampah ini menjadi tanggung tanggung jawab bersama. ” Ini membutuhkan komitmen dan usaha yang keras seluruh stakeholder yang ada, agar dana desa yang saat ini telah digelontorkan oleh pemerintah kepada pemerintah Desa¬† dapat bermanfaatkan bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Muara Enim Emran Thabrani mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap kebijakan pemerintah terkait pengelolaan sampah.

” Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan dasar mengenai Bank sampah kepada Kepala Desa dan masyarakat,” kata Emran Thabrani di Gedung Kesenian Dayang Rindu Muara Enim, Kamis (29/12/2016).

Emran menambahkan, sosialisasi ini juga untuk menumbuhkan komitmen dan peran aktif masyarakat khususnya Kepala Desa dalam bidang pengelolaan sampah melalui bank sampah yang dikelola badan usaha milik.

” Selain itu memberikan pemahaman kepada kepala desa terkait dengan penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk kegiatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Acara sosialisasi tersebut juga dihadiri Waka Polres Muara Enim Kompol M Adil, para kepala desa di wilayah kabupaten Muara Enim dan puluhan undangan lainnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here