Muzakir Beri Deadline 2 Minggu Untuk Capai Target Pajak

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar

Muara Enim, Kabarserasan.com  – Tahun 2016 tinggal menghitung hari, namun pendapatan dari pajak daerah yang ditetapkan Pemkab Muara Enim ada yang belum mencapai target.

Terkait dengan dengan hal itu, Bupati Muara Enim Muzakir, memberikan deadline dua minggu kepada SKPD Pemungut Retribusi untuk merealisasikan pencapaian.

“Saya minta seluruh SKPD yang belum mencapai target untuk secepatnya mengejar target yang telah ditetapkan,” kata  Muzakir dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi, di ruang rapat Bappeda Muaraenim, Rabu (21/12/2016).
.
Muzakir mengungkapkan, secara keseluruhan untuk target dan realisasi pendapatan daerah Kabupaten Muara Enim hingga per 30 November 2016 secara umum sudah mendekati target.

” Untuk jenis penerimaan  Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Lain-lain Pendapatan Daerah, itu secara umum sudah mendekati target yang diberikan, bahkan ada yang telah melampaui target (over target),” terangnya.

Selain itu, penerimaan dari Pajak Daerah seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak air bawah tanah dan pajak sarang burung walet dari target APBD/P sebesar Rp 27,3 miliar telah terealisasi Rp 28,1 miliar (over target,

Adapun, tiga jenis penerimaan pajak daerah yang belum mencapai target adalah pajak mineral bukan logam dan batuan dari target Rp 7,5 miliar namun baru terealisasi Rp 5,8 miliar (78,05 persen), pajak bumi dan bangunan (PBB) target Rp 11,8 miliar terealisasi Rp 7,8 miliar (66,46 persen), Bea Perolehan Hak atas tanah & Bangunan target Rp 5 miliar terealisasi Rp 3,4 miliar (68,57 persen).

” Atas pendapatan yang belum mencapai target ini, kita minta untuk diintensifkan terutama para Camat sehingga akhir tahun ini, seluruhnya bisa mencapai target,” tegas Muzakir.

Sekda Muara enim Hasanudin menambahkan, diakhir tahun ini, seluruh kegiatan keadministrasian, dan lain-lain, seluruhnya wajib selesai dan benar-benar tuntas.

” Apalagi SKPD yang akan dilikuidasi seperti BP4K, Dinas Pertambangan dan Energi serta Dinas Kehutanan wajib selelsai dan tuntas. Dan saya minta seluruh kepala SKPD bisa benar benar bekerja sesuai porsinya,” kata Hasanudin.

Hasanudin menjelaskan, rata rata pada laporan per November ini, pencapaian penerimaan sudah diatas 80 persen. ” Hanya sebagian kecil yang tidak tercapai,” ujarnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here