Kapolri: Penangkapan Terduga Teroris Agar Natal dan Tahun Baru Aman

Kapolri Jend Tito Karnavian

Jakarta, Kabarserasan.com—Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap, rangkaian penangkapan terduga teroris yang dilakukan Tim Densus 88 di sejumlah tempat beberapa hari terakhir, akan membuat perayaan malam natal dan tahun baru berjalan aman.

Hal itu dikatakan Kapolri, usai melakkan pertemuan dengan Forum Pemred di salah satu hotel di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016) malam. Hadir juga dalam pertemuan itu, Panglima TNI Jenderal Gatyot Nurmantio, Menkominfo, Rudiantara, dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin.

“Penangkapan para terduga teroris belakangan ini akan memberikan tekanan terhadap jaringan terorisme” kata Kapolri.

Dikatakannya, ia memang memerintahkan seluruh jajarannya sampai ke lapis paling bawah untuk melakukan tekanan hingga sel sel jaringan terorisme yang terkecil. Dengan begitu, diharapkan perayaan natal dan tahun baru akan berlangsung aman.

Kapolri mengingatkan masyarakat, bahwa saat ini system rekrutmen anggota baru terorisme, sudah bergeser ke media social, atau cyber terrorism.

Karena itu, kata Kapolri, pihaknya akan mengoptimalkan peran Tim Cyber Crime untuk memantau perkembangan kelompok terorisme yang menyebar di dunia maya. Salah satu caranya dengan melakukan penyamaran pada ruang percakapan (chat room)

Tentang dimanfaatkannya media social oleh kelompok teroris untuk merekrut pengikut baru, juga dibenarkan Menkominfo Rudiantara. Menurutnya, penggunaan medoss yang belakangan kian liar, tidak lagi terkontrol, telah dimanfaatkan pihak tertentu—termasuk kelompok teroris, untuk memecah belah NKRI.

Terkait itu, Rudiantara mengaku banyak mendapat masukan dari para pemimpin redaksi, yang tergabung dalam Forum Pemred. “tadi kami bertemu dengan forum pemred, bertukar informasi. biar bagaimanapun, jadi kami bukan hanya sebagai narasumber yang diberitakan, tapi juga lebih banyak memberi, tpi juga menerima masukan,” kata rudiantara.

Di kesempata ini, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantio, mengajak segenap elemen masyarakat, termasuk oranisasi islam untuk mengamakan serta mendamaikan malam natal. Ia berharap masyarakat dapat mewujudkan indonesia ini negara religius yang nasionalis.

“Kita mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan Indonesia ini Negara yang sejuk dan damai, negara yang religius” kata Panglima TNI. (Jun)

Leave a Reply