Pemerintah Keluarkan Uang Pecahan Baru

Presiden Joko Widodo saat peluncuran uang NKRI

Jakarta, Kabarserasan.com—Bank Indonesia, Senin (19/12/2016) meluncurkan 11 uang pecahan baru, bertema NKRI dengan menampilkan 12 pahlawan nasional. Ke 11 uang baru itu, meliputi tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

Peluncuran 11 uang NKRI dilakukan dilakukan Gedung Bank Indonesia di Jakarta, dipimpin Presiden Joko Widodo, didampingi Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Presiden RI Joko Widodo di kesempatan ini minta kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaannya terhadap rupiah.Menurut Jokowi, dengan mencintai rupiah maka menjadi wujud kecintaan masyarakat terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa. Untuk itu, dia meminta untuk menjaga dan tidak menghina rupiah.

“Kalau kita cinta rupiah, kita tidak menyebar gosip aneh-aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Karena menghina rupiah sama saja menghina Indoensia. Rupiah tidak akan digantilan dan tidak akan tergantikan,” kata Jokowi.

Agus Martowardojo menjelaskan, peluncuran uang baru NKRI dan bergambar para pahlawan nasional ini sejalan dengan Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011, dan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Di kesempatan ini, Agus mengingatkan masyarakat untuk menghargai mata uang nasional, dengan tidak saja menggunakannya sebagai alat pembayaran, tapi juga menjaganya dengan baik. “Masyarakat perlu meninggalkan kebiasaan kurang baik seperti membasahi, mencorat-coret, mensteples, dan melipat-lipat,” kata Agus. (Jun)

Leave a Reply