Nurul Aman: Oknum PNS Pungli Akan Ditindak Tegas

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH

Muara Enim, Kabarserasan.com – Di era reformasi sekarang ini, aparatur pemerintah ditunntut untuk melaksanakan pemerintah yang bersih dan berwibawa mengingat tingkat pengetahuan masyarakat sangat luas dalam menjalankan fungsi kontrol bagi penyelenggara negara baik di pusat maupun di daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman saat membuka acara sosialisasi Penerapan Pelayanan Administrasi terpadu dan Pencegahan Pungli di Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (15/12/2016).

Menurut Wabup Nurul Aman, sangat perlu mengikutsertakan masyarakat dalam pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan publik itu sendiri.

” Permasalaha utama pelayanan publik berkaitan dengan kualitas pelayanan. Dilihat dari sisi penyelenggaraan, pelayanan publik masih banyak kekurangan. Dan perlu diwaspadai adalah masih maraknya pungli,” kata Wabup.

Terkait dengan itu, sesuai peraturan presiden (Perpres) nomot 87 tahun 2016 tentang Saber Pungli dan instruksi Mendagri tentang pengawasan pungutan liar dalam pemerintahan  daerah, Pemkab Muara Enim membentuk Satgas Sapu Bersih pungutan liar.

” Tugas utama Satgas ini adalah untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan khususnya terhadap penyelengaraan pemda yang memiliki resiko terjadinya pungli,” jelas Nurul.

Nurul mengingatkan bagi aparat pemerintah yang mengemban tugas pelayanan publik untuk tidak pernah punya niat untuk melakukan pungli. ” Saya dan jajaran terkait (aparat hukum ) tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi yang terbukti melakukan pungli,” tegasnya.

Nurul berharap, dengan adanya sosialisai ini setiap SKPD unit penyelenggara pelayanan publik menjadi lebih mampu dalam menyelenggarakan pelayan publik serta memiliki pedoman dan standar pelayanan yang mengutamakan kepentingan masyarakat.

” Dengan semangat reformasi birokrasi, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan serta tidak terlibat atau menjadi oknum yang melakukan pungli,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here