Kasus Selingkuh, Hakim Elvia Pingsan Dipecat MA

Hakim Elvia darwati pingsan saat dengarkan putusan MKH MA

Jakarta, Kabarserasan.com—Elvia Darwati, hakim yang juga Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang, Sumatera Barat, jatuh pingsan tak lama setelah Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan sanksi pemecatan dengan hormat terhadap dirinya, Selasa (13/12/2016) di Jakarta.

Elvia terbukti melakukan tindakan melanggar kode etik hakim, setelah pada tanggal 9 Oktober 2016 lalu, tertangkap basah sedang berada satu kamar dengan seorang ria bukan suaminya, dalam operasi penyakit masyarakat, yang dilakukan Satpol Pamong Praja Kabupaten Padang Panjang, Sumatera Barat.

“Menjatuhkan hukuman dengan hukuman disiplin berat berupa pemberhentian dengan hormat,” ujar Ketua Majelis, Amran Suadi dalam persidangan Majelis Kehormatan MA.

Mendengar putusan itu Elvia langsung jatuh pingsan dari kursi pesakitan yang ia duduki di ruang sidang saat tengah dibacakan putusan. Majelis hakim sempat terhenti membacakan putusan dan memberi kesempatan petugas untuk membopongnya ke ruangan lain.

Elvia Darwati dibopong petugas
Elvia Darwati dibopong petugas

Ketua majelis hakim agung Amran Suadi menyatakan Elvia yang melakukan perbuatan asusila itu tak lama setelah diangkat sebagai Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang, dianggap bersalah dan pantas menerima hukuman itu.

“Harusnya, sebagai hakim mestinya ia bias menjaga wibawa dan kehormatan hakim” kata Amran kepada media yang mengikuti jalannya sidang ini.

Meski telah membayar denda sesuai perda di wilayah Padang Panjang, tapi nasib hakim wanita itu tidak serta lolos begitu saja, MA mengajukan sidang etik dan Komisi Yudisial (KY) menyanggupinya.

Meski dalam proses kasusnya di Sumatera Barat, Elvia telah membayar denda sesuai Perda yang berlaku di wilayah Padang Panjang, tapi urusannya belum selesai dan Elvia tidak serta merta lolos begitu saja dari sanksi. MA kemudian mengusutnya, dan mengajukan sidang etik dan dan Komisi Yudisial (KY) menyanggupinya.

Jabatannya sebagai Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang dicopot dan digantikan wakilnya. Elvia kemudian dimutasi ke Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, lalu dipindah lagi ke PTA Medan. Kasus ini sempat membuat heboh masyarakat di Sumatera Barat. (Jun)

Baca peristiwanya: Warga Padang Geger Ketua PA Mesum Di Hotel

 

Leave a Reply