Ini Cara Praktis Rawat Gadgetmu, Tak Harus ke Tempat Service

Jakarta, Kabarserasan.com—Saat ini, gadget menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Layaknya pasangan hidup, selalu ada, dibutuhkan dan teknologi ini membantu hampir semua urusan hidupmu jadi lebih mudah.

Tak jarang Karena kamu kerap membutuhkannya. handphone, laptop, earphone, headset yang kadang di dalam tas atau kantong celanamu, jadi kotor, kusam atau bahkan terkena air, yang akhirnya bikin gadgetmu rusak dan mengganggu aktifitasmu bermain facebook, twitter, atau medsos lainnya, kan?.

Nah, berikut cara praktis merawat gadgetmu, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, sebagaimana dikutip dari hipwee.com. Simak baik-baik ya.

1. Sela-sela keyboard yang penuh debu dan kotoran bisa kamu singkirkan dengan menggunakan kuas dandan.

Kuas pembersih gadget
Kuas pembersih gadget

Keyboard adalah bagian laptop atau komputer yang paling kotor. Debu atau remah-remah makanan seringkali bersarang di sela-selanya. Nah, untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan kuas dandan misalnya kuas blush on yang sudah tak kamu gunakan. Tapi bersihkan terlebih dulu kuas yang kamu gunakan dengan merendamnya dalam air dan menjemurnya ya.

Setelah itu, kamu gunakan untuk menyapu sela-sela keyboard laptopmu. Dengan cara ini, debu dan remah -remah makanan bisa segera meyingkir.

2. Bisa juga gunakan cutton bud untuk menyingkirkan debu dan remah-remah makanan di sela-sela keyboardmu.

Gunakan cutton bud
Gunakan cutton bud

Tak hanya menggunakan kuas dandan untuk membersihkan keyboardmu, kamu juga bisa manfaatkan cutton bud sebagai penggantinya. Pastikan kamu pilih cutton bud yang berkepala besar ya, lalu bersihkan keyboard dengan menyelipkannya pada bagian sela-sela kepingan. Lakukan pada semua permukaan keyboard.

Nah, cara ini bisa ampuh mengusir kotoran dan bikin laptopmu jadi lebih mengkilat. Gampang ‘kan?

3. Tempelkan saja selotip di bagian permukaan, dijamin kotoran di permukaan keyboardmu segera terangkat.

Tempelkan selotip
Tempelkan selotip

Jika kamu ingin membersihkan keyboard dengan cara yang lebih mudah, gunakan saja selotip untuk mengangkat kotoran. Gunakanlah selotip transparan satu sisi atau double tip yang berukuran lebar, lalu pasangkan memanjang di sela-sela tombol.

Tapi pastikan, kamu jangan memasangnnya terlalu kencang ya. Lalu kamu angkat perlahan, dijamin kotoran yang bersarang di sana pasti akan terangkat. Mudah ‘kan?

4. Agar bakteri pada layar laptop juga bisa menghilang, gunakan saja resep cairan cuka dan alkohol sebagai senjata.

Fungsikan cairan cuka dan alkohol
Fungsikan cairan cuka dan alkohol

Layar sering terlihat terlihat buram dan kotor karena sering tersentuh tangan. Nah, untuk membuatnya jadi kinclong lagi, semprotkan saja cairan khusus yang bisa kamu buat sendiri. Ada dua resep cairan yang ampuh membersihkan layar :
– Resep 1 : Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 50 : 50. Lalu masukkan dalam botol semprot.
– Resep 2 : Campurkan alkohol 70% dan air dalam perbandingan 50: 50. Lalu masukkan dalam botol semprot.

Resep ini bukan hanya bisa menghilangkan bekas tangan dan kotoran, bakteri dan minyak juga bisa lenyap. Caranya membuatnya juga praktis ‘kan?

5. Untuk membersihkan layar gadget, agar hasilnya maksimal kamu sebaiknya gunakan kain yang tepat.

Gunakan lap yang tepat
Gunakan lap yang tepat

Agar cairan khusus yang kamu buat bisa bekerja lebih maksimal, maka gunakanlah alat pengelap yang tepat. Kamu bisa gunakan kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Kain ini jauh lebih lembut dan tidak meninggalkan goresan pada layar.

Nah, hindari menggunakan tissue toilet ya. Karena biasanya, tissu berpola semacam ini terasa kasar di layar sehingga kotoran tak menghilang secara maksimal.

6. Cara menggunakan cairan pembersih dengan benar bukan hanya membuat hasil lebih maksimal, layar gadgetmu pun bisa lebih aman.

Pakai cairan pembersih
Pakai cairan pembersih

Barang elektronik seperti gadget seringkali rentan dengan air. Jadi pastikan kamu gunakan cairan pembersih dengan cara yang benar. Jika biasanya kamu menyemprotkan pada layar dan kemudian diusap dengan kain, sekarang buanglah jauh-jauh kebiasaan ini karena justru bisa merusak layar.

Cara membersihkan layar yang benar adalah semprotkan cairan pada kain, lalu usapkan pada layar. Nah, cara seperti ini jauh lebih aman. Selain menghindari banyaknya air yang menempel pada LCD, konsleting juga bisa dihindari.

7. Goresan pada layar bisa tersamarkan hanya dengan mengoleskan pasta gigi di permukaanya.

Pasta gigi bisa dimanfaatkan
Pasta gigi bisa dimanfaatkan

Layar handphone menjadi rentan tergores karena terlalu sering di letakkan di saku. Nah, sekarang kamu bisa gunakan pasta gigi untuk mengatasinya. Olehskan sedikit pasta gigi pada layar, lalu ratakan mengunakan kain yang halus seperti kain microfiber. Setelah beberapa waktu, kamu gunakan cairan pembersih yang sudah kamu buat.

Cara-cara di atas bisa membantu membuat gadgetmu jadi makin kinclong dan aktifitasmu bar-gadget-ria juga tak terhambat. Selamat mencoba

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here