Jangan Biarkan Gadget Kamu Lemot, Ini Tips Hindarinya

Jakarta, Kabarserasan.com—Teknologi komunikasi lewat gadget, saat ini berkembang sangat cepat. Setiap waktu—bahkan dalam hitungan bulan, ada saja muncul smartphone dengan merk dan menawarkan fitur baru nan unik, yang tentu saja dengan keunggulan yang belum dimiliki sebelumnya oleh para gadget pendahulunya.

Namun demikian, perangkat canggih ini tidak lepas dari masalah, yang membuat kamu sebagai penggunanya merasa kurang nyaman, atau aktifitas komuniksinya jadi terganggu.

Kita sering melihat orang atau anda sendiri yang mengalami, apa yang disebut dengan booting RAM Andorid sangat lama (lemot), loading yang lambat, hang, dan lain-lain. Bagi pengguna Android yang aktif tentunya Anda akan merasakan kesal ketika mengalami hal tersebut.

Nah, jangan biarkan itu terjadi dengan gadget anda. Dikutip dari maxmonroe.com, berikut tips cara menghindarinya, agar aktifitas komunikasi kamu di media sosial tidak terganggu, apalagi untuk anda yang sedang getol dengan facebook  twitter, atau medsos lainnya.

1. Hapus Cache Pada Memori Internal
Bagi sebagian orang cache ini mungkin kurang familiar terdengar. Cache adalah teknologi penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Cache di handphone kamu akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot.

Untuk mengatasi itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan menginstal dan menerapkan aplikasi History Eraser di perangkat Android Anda.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan
Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan performa kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak sadar bahwa kegiatan tersebut membuat perangkat mereka menjadi lambat. Jika Anda memang suka bermain-main dengan beragam aplikasi di Android, maka sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja.

3. Jangan Menggunakan Live Wallpaper
Sebagian besar wanita suka menggunakan Live wallpaper pada perangkat Android mereka dengan tujuan untuk memperindah tampilan smartphone tersebut. Namun tanpa disadari hal tersebut juga akan membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Untuk membantu mempercepat loading smartphone Anda maka disarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper ini. Gunakanlah image yang sederhana untuk wallpaper Android Anda agar kecepatan loadingnya stabil dan maksimal.

4. Instal Aplikasi di Memori External
Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android.

Nah, untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal yang ditambahkan pada Smartphone Android. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya.

5.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa menutup atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

6. Jangan Menggunakan Auto Rotate Bila Tidak Perlu
Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya.

Anda boleh saja mengaktifkan fitur auto rotate jika memang sering memerlukannya. Namun, jika fitur ini memang tidak terlalu Anda butuhkan maka ada baiknya dinonaktifkan saja untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

7. Jangan Menggunakan Auto Brightness
Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

8. Gunakanlah MicroSD
MicroSD biasa kita sebut juga dengan kartu memory. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega bagi perangkat pintar Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

9. Jangan Menumpuk SMS
Banyak sekali pengguna smartphone yang meremehkan tumpukan sms di dalam inbox ataupun outbox mereka, semua sms ini memakan memori ponsel Anda. Jika dibiarkan terlalu banyak maka smartphone Anda akan menjadi lambat. Karena itu, biasakan untuk menghapus sms lama yang sudah tidak diperlukan lagi secara berkala.

Leave a Reply