Pasar Talang Ubi Masih Semrawut, Disperindag Lakukan Sidak

Kabid Perindustrian Disperindag PALI Lihan Umar saat sidak ke pasar inpres, Sabtu (10/12/2016)

PALI, Kabarserasan.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bersama Camat Talang Ubi serta Lurah Talang Ubi Timur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Inpres Talang Ubi.

” Sidak ini sengaja dilakukan dengan tujuan untuk membiasakan agar kondisi pasar bersih dan rapih,” kata  Drs.Kusmayadi melalui Kabid Perindustrian Lihan Umar kepada Kabarserasan.com, Sabtu (10/12/2016).

Pada kesempatan itu Disperindag juga memberikan arahan kepada para pedagang pasar Inpres dan masyarakat agar membuat konidisi pasar bersih dan rapih. ” Tentunya ini membantu membuat kemajuan pasar kedepan  sehingga akan membuat nyaman baik pedagang maupun pengunjung yang melakukan transaksi,”ujar Lihan.

Sementara itu Camat Talang Ubi Habibi Cikading,S.Hut,MM mengatakan, sidak ini  sebagai langkah menginggatkan para pedang maupun pembeli agar saling bantu membuat pasar jadi bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan selokan saluran air yang ada dipasar,”kata Habibi, Sabtu (10/12/2016).

Habibi juga meminta kepada Kepala Pasar agar terus melakukan pembenahan dengan memberikan pengertian kepada pedagang maupun pembeli supaya membuang sampah pada tempatnya dan juga saluran air yang ada di los pasar jangan sampai tersumbat supaya air tidak tergenang yang dapat membuat kumpulan nyamuk yang pada akhirnya menggangu kesehatan.

Menurut Habibi tidak ada kata libur sebagai seorang pelayan masyarakat. ” Meski hari Sabtu seperti ini, kita terus melakukan kunjungan ke masyarakat  agar tercipta lingkungan yang bersih serta dapat mendapatkan keluhan dari masyarakat yang nanti akan kita sampaikan kepada dinas terkait,”tandasnya.

Niar, salah satu pengunjung Pasar Inpres mengaku senang dengan adanya sidak ini. Dengan sidak seperti ini dia berharap kondisi pasar semakin baik dan tertata rapih. ” PALI menjadi Kabupaten sudah 3 tahun PALI, tetapi pasar masih semrawut kayak gak ada yang mengurus,” kata Niar.

Selaku masyarakat, lanjut Niar, dia berharap agar Bupati dan dinas terkait untuk dapat memperbaiki Pasar Inpres Ini. ” Pasar ini salah satunya pusat Kota PALI, di Pendopo Ini cuman ada satu pasar. Jadi kalau pasar ini tidak cepat di perbaiki otomatis kondisi pasar akan semakin buruk, ” ujarnya.

Selain itu, masalah parkir motor dan mobil juga harus segera di tata lagi. ” Jalan pasar terlalu kecil, sehingga pembeli dan pedagang susah bertransaksi. Pengujung harus berdesakan-desakan untuk melintasi di jalan pasar ini,” tandasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply