Muzakir: DAS Rusak Masyarakat Sendiri yang Rugi

Ir H Muzakir Sai Sohar Enim menanam pohon di Desa Karang Raja Muara Enim dalam acara Bulan Menanam Pohon , Jum'at (9/12/2016)

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar bersama unsur FKPD dan Kepala SKPD Muara Enim melaksanakan penanaman pohon di Desa Karang Raja Muara Enim tak jauh dari jembatan Enim III, Jum’at (9/12/2016) pagi.
Penanaman pohon tersebut dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2016.

” Saat ini menanam pohon merupakan kebutuhan untuk prasyarat kehidupan yang paling mendasar dengan dukungan dan sistem regulasi alam. Begitu pula dukungan bagi kesejahteraan dan dapat menjadi sumberdaya ekonomi,” kata Muzakir, Jumat (9/12/2016).

Lanjut Muzakir,  saat ini kita masih dihadapkan pada persoalan besar yaitu degradasi hutan dan lahan serta laju deforestasi yang tinggi. Hal ini sebabkan adanya pembalakan liar, penjarahan dan  kebakaran hutan.

” Akhir-akhir ini terjadi bencana alam yang disebabkan rusaknya daerah aliran sunagai (DAS) dibagian hulu yang mengakibatkan menyempitnya badan sungai, sedimentasi dan pendangkalan. Hal ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor dan yang banyak menderita kerugian baik material maupun immaterial adalah masyarakat,” jelasnya.

Karena itu dia mengajak masyarakat untuk perduli pada lingkungan. Jika lingkungan rusak semua merugi.

Pemerintah, lanjut Muzakir tidak mungkin berbuat sendiri dengan dana yang terbatas. ” Harus ada dukungan dari masyarakat luas dan dunia usaha. Mari kita menanam pohon,” harapnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here