Musim Hujan DBD Mewabah, Puluhan Pasien Dirawat di RS

Pasien DBD di RS Mutiara Bunda Unit 2 Tulang Bawang, Lampung/ Foto: ano

Tulangbawang, Kabarserasan.com—Di saat musim hujan sekarang ini, wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai mewabah, termasuk di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Saat ini puluhan pasien dirawat di RS karena terjangkit penyakit yang bersumbr dari gigitan nyamuk Aedes Aegepty ini.

Seperti terpantau, Jumat (09/12/2016) di RS Mutiara Bunda Unit 2 Tulang Bwang, mereka datang dengan tubuh lemas dan demam tinggi. Pihak rumah sakit pun mengaktifkan mobil ambulan 24 jam untuk menjemput pasien yang terserang DBD ini.

Para pasien DBD umumnya kalangan orang dewasa, dan telah mengalami tinggi lebih dari dua  hari, dengan ciri muncul bintik- bintik merah di tubuhnya dan trombositnya menurun.

Pada pekan pertama bulan Desember 2016 ini, tercatat di rumah sakit ini sudah diawat 12 orang pasien dan jika dihitung sejak November ttotalnya berjumlah 26 orang pasien.

“Iya banyak kami merawat pasien DBD. Da juga anak-anak atau balita tapi kebanyakan orang dewasa. Penyakit ini tidak lepas dari musim hujan di mana nyamuk Aedes Aegepty berkembang biak, disamping lingkungan yang tidak bersih” kata Siti Sholikah, dokter umum IGD RS Mutiara Bunda, menjelaskan.

Karena itu pihak rumah sakit menghimbau kepada masyrakat agar melakukan pencegahan wabah virus nyamuk ini dengan cara melakukan pola hidup bersih dan tidak membiarkan genangan air ada di sekitar lingkungan rumah. (ano)

Leave a Reply