Presiden Sholat Jumat Bersama Peserta Aksi Damai 212 di Monas

Presiden Jokowi dan Wapres JK datang ke lokasi Aksi Damai 212

Jakarta, Kabarserasan.com—Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, hadir di tengah massa Aksi Damai 212 dan melaksanakan sholat Jumat berjamaah, di Lapangan Monas Jakarta. Ikut mendampingi presiden, Menko Polkam Wiranto, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Kehadiran presiden dan wakil presiden ini mendapat sambutan antusias massa aksi yang langsung mengumandangkan akbir dan tepuk tangan. Presiden Jokowi dan Wapres JK datang berjalan kaki sambil membawa payung sendiri dalam suasana rintik hujan.

Presiden dan rombongan mengenakan baju putih dan berpeci. Kehadiran presiden langsung disambut Koordinator Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Habib Rizieq Shihab.

Presiden Jokowi saat sholat Jumat di Lapangan Monas Jakarta, Jumat (02/12/2016)
Presiden Jokowi saat sholat Jumat di Lapangan Monas Jakarta, Jumat (02/12/2016)

Presiden tiba di Monas tepat saat adzan sholat Jumat, saat Lapangan Monas sudah dipadati ratusan ribu Jemaah sholat yang merupakan peserta Aksi Damai 212. Tak lama duduk, presiden dan rombongan langsung menjalankan sholat berjamaah di bawah tenda yang sudah disiapkan.

Usai sholat, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan.

Berikut sambutan lengkap Presiden Jokowi:

Bismillahirahmanirahim.

Alhamdulillahirabilalamin Washolatu wassalammu’ala asrofil ambiya iwal mursalin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du
Yang saya hormati, yang saya muliakan, para ulama, para kiai, para habaib, para ustaz, hadirin hadirat, yang pada siang hari ini hadir.
Pertama-tama, terima kasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.
Yang kedua, saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya karena seluruh jemaah yang hadir tertib dalam ketertiban sehingga acaranya semuanya bisa berjalan dengan baik. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.
Sekali lagi terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, ke tempat tinggal masing-masing, terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Wapres JK usai sholat kepada wartawan di Istana Jakarta mengatakan, keputusan mengikuti sholat Jumat bersama peserta aksi itu, keputusan Presiden Jokowi sendiri.

“Memang spontan tadi, tidak direncanakan,” ujar JK bicara alasan dirinya bersama Jokowi memutuskan salat Jumat di Monas.

Wapres JK juga mengapresiasi kegiatan yang diisi tausiyah dan doa bersama yang sampai selesai sholat Jumat berjalan damai. JK berharap suasana it uterus tercipta hingga semua peserta aksi kembali ke tempat asal masing-masing, sebagaimana diimbau presiden. (Jun)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here