Delapan Orang Ditangkap Jelang Aksi Damai 212

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafly Amar

Jakarta, Kabarserasan.com—Delapan orang dikabarkan ditangkap beberapa jam menjelang dimulainya Aksi Damai 212 di Jakarta, Jumat (02/12/2016) pagi. Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar membenarkan penangkapan tersebut.

“Iya, delapan orang ditangkap dan kini diperiksa di Polda (Metro Jaya), karena tuduhan makar” ujar Boy Rafli, menjawab singkat saat coba dihubungi. Boy belum mau memberi keterangan lebih detail, dengan alasan persoalannya masih dalam proses.  “Nanti kalau ada info kita sampaikan” tandas Boy.

Boy juga belum mau menyebutkan identitas kedelapan orang yang ditangkap. Namun menurut kabar yang beredar di kalangan wartawan, yakni

Sri Bintang Pamungkas, diitangkap di rumahnya
Rachmawati ditangkap di rumahnya
Kivlan Zein, ditangkap di rumahnya
Adityawarman, ditangkap di rumahnya
Ratna Sarumpaet ditangkap di Hotel Pan Pasific, Jakarta
Ahmad Dhani, ditangkap di Hotel Pan Pasific, Jakarta
Eko, ditangkap di rumahnya
Firza Huzein, ditangkap di Hotel San Pasific

Selain itu saat hampir bersamaan ada dua orang lain lagi yang ditangkap dan dijerat dengan UU ITE, yakni atas nama Jamran, yang diamankan di Hotel Bintang Baru, Jakarta dan Rizal Kobar, yang ditangkap di samping Stasiun Gambir Jakpus.

Politisi Partai Gerindra yang juga seorang pengacara, Habiburokhman, mengaku saat penangkapan terjadi ia dihubungi Ratna Sarumpaet yang minta dirinya ikut mendampingi proses pemeriksaan di kepolisian. Ratna mengaku ia dan dua stafnya dijemput petugas dari Hotel Sari Pasific

“Ditangkapnya tadi pagi di hotel Sari Pan Pasific, saya ditelepon Mbak Ratna untuk dating mendampinginya ke Polda (Metro Jaya), ternyata ada beberapa mobil menuju Mako Brimob” ujar alumni Fakultas Hukum Unila Lampung ini.

Senada denha Habiburokhman, Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra juga membenarkan penangkapan itu dan mengaku telah berkomunikasi dengan Ratna Sarumpaet. Dalam akun twitternya Yusril juga menyatakan siap mendampingi mereka yang ditangkap, dalam menjalani pemeriksaan.

Saat berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari pihak kepolisian seputar penangkapan ini. Begitupun upaya wartawan saat coba meminta komentar Presiden Jokowi yang Jumat pagi meninjau renovasi fasilitas Asian Games di Gelora Bung Karno Senayan Presiden hanya menjawab singkat, “Tanya Kapolri saja” ujar presiden. (Jun)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here