Kamis Malam Masjid Istiqlal Sudah Dipadati Peserta Aksi Damai 212

Jakarta, Kabarserasan.com—Masjkid Istiqlal Jakarta, memang menjadi tujuan akhir sebagian peserta dari berbagai penjuru tanah air, yang akan mengikuti Aksi Damai 212 pada jumat (02/12/2016) pagi di Lapangan Monas, Jakarta.

Maklum, selain bias beristirahat, mereka bias bertemu dengan ribuan peserta aksi dari daerah lain. Pengelola masjid pun menyediakan sejumlah fasilitas yang memang disiapkan untuk menyambut kedatangan mereka. Dan satu lagi, jarak masjid tersebut, berdekatan dengan lokasi puncak aksi, di lapangan Monas.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, Masjid Istiqlal adalah tempat ibadah yang tidak memperkenankan semua orang untuk menginap. Namun ia sadar, kehadiran para peserta aksi yang dating dari berbagai daerah untuk beristirahat dan sholat subuh, tidak dapat dicegah.

Hanya saja Hurairah mengingatkan, agar para peserta aksi yang singgah agar menjaga ketertiban dan kebersihan masjid, selain menghemat air dan tidak membuat gaduh.

“Peraturan di Masjid Istiqlal khususnya mengenai bermalam menginap memang aturan itu tidak boleh, tetapi kami siap menampung,” kata Abu Hurairah kepada media yang meminta tanggapannya terkait banyaknya warga yang dating pada Kamis malam.

Masjid lain yang juga ramai didatangi warga peserta aksi yang singgah dan beristirahat, yakni Masjid A Tien, di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Termasuk diantara yang singgah di sana, sekitar 500 orang warga Ciamis Jawa Barat, yang sebelumnya ikut rombongan berjalan kaki, namun kemudian menerima tawaran untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta naik bus yang disiediakan Pemprov Jabar.

Berbeda dengan di Masjid Istiqlal, di Masjid At Tien, warga yang singgah mendapat jamuan nasi bungkus dari pihak pengelola masjid. Beberapa daeri mereka juga disediakan kain sarung, beberapa makanan dan minuman.

Para peserta yang singgah di masjid milik keluarga Presiden kedua RI, Soeharto itu, berencana akan bertolak ke Lapangan Monas setelah sholah subuh, untuk bergabung dengan ribuan peserta aksi lainnya di Lapangan Monas. (Jun)

Leave a Reply