Dampak Hujan Jalintim Tanjungjabung Timur Rusak Parah

Jalan rusak penuh lubang akibat hujan di Tanjungjabung Timur, Jambi/ Foto.Azhari Sultan

Tanjabtim, Kabarserasan.com—Musim hujan sebulan terakhir telah membuat sejumlah jalan di Provinsi Jambi mengalami kerusakan, salah satunya Jalan Lintas Timur (Jalintim) arah Kota Jambi-Muarasabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Dampak hujan, sebagaimana pantauan Kamis (01/12/2016), jalan ini penuh lubang menganga dan rawan kecelakaan. Lubang-lubang besar menganga, membuat mobil-mobil yang melintas, terutama mobil berukuran besar dan angkutan berat, harus berhati-hati karena sudah sering terjadi kecelakaan.

Truk tergukling di Jalintim Tanjungjabung Timur, Jambi
Truk tergukling di Jalintim Tanjungjabung Timur, Jambi

Dampak lain, akibat tak bisa melaju cepat, setiap hari kawasan di sekitar jalan rusak ini selalu terjadi antrian panjang hingga 1-2 kilometer bahkan terkadang lebih.

“Sudah ada satu bulan ini, jalan rusak. Mulanya berlubang kecil, namun sejak musim penghujan dan ditambah banyaknya mobil truk bertonase berat jalannya makin rusak,” kata Roni, warga setempat.

Bahkan, tambah Roni, kondisi lubang makin lebar dan dalam hingga ada yang 50 cm dalamnya.

“Sopir harus ekstra hati-hati kalau lewat sini bang. Kemarin ada mobil truk membawa minyak sawit harus terbalik masuk persawahan warga,” tuturnya.
Bagi pengendara truk, Selamet, kondisi ini sangat merugikan waktu dan materi hingga antrian mengular.

“Saya antri sudah ada dua jam untuk bisa lewat. Jalannya juga harus merayap hati-hati agar tidak menjadi korban mobil terbalik akibat lubang jalan yang banyak dan licin bila hujan,” ujarnya.

Baik warga dan pengendara mobil, berharap dinas terkait bisa secepatnya jalan tersebut bisa diperbaiki dengan cara dicor semen yang tebal hingga awet dan tidak menimbulkan korban yang tidak diinginkan. (azi)

Leave a Reply