Penemuan Batu Emas Bikin Heboh Masyarakat Abab

Camat Abab Arpan memegang batu emas bertulisankan huruf arab

PALI, Kabarserasan.com – Batu berwarna emas dengan ukiran bertuliskan arab yang berbentuk telur ayam menghebohkan Masyarakat PALI Khususnya warga Desa Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI. Batu emas yang terbuat dari tanah tersebut  diperkirakan telah berusia ratusan tahun.

Menurut Camat Abab, Drs. Arpan, sebelumya di sekitar daerah tersebut juga ditemukan ukiran antik, guci, piring, serta koin Cina zaman dahulu.

“Guci, piring, koin cina bahkan pernah ditemukan Jong, sejenis jangkar kapal di Desa Perambatan yang notabenenya dekat dengan Sungai Musi. Bisa jadi, itu adalah peninggalan dari jaman kerajaan dahulu,” kata Arpan kepada kabarserasan.com di Desa Betung, Selasa (29/11/2016).

Arpan menuturkan di Desa Betung ada daerah yang namanya Tumbang Dagang yang artinya kampung dagang.

“Konon, dahulu di Desa Betung pernah dijadikan pertemuan perdagangan pada zaman kerajaan dan kesultanan palembang dahulu. Dari situlah hingga saat ini, di Desa Betung ada wilayah yang dinamakan Tumpang Dagang,” tuturnya.

Terkait penemuan ukiran yang berbentuk telur ayam dengan bertuliskan lafaz Allah tersebut, diyakini Arpan peninggalan dari kerajaan Islam zaman dahulu.

“Namun, itu belum bisa dipastikan. Perlu adanya penelitian lebih mendalam dinas terkait agar bisa menguak asal usul serta sejarah dari barang antik tersebut. Bisa jadi, menjadi sejarah Islam di Bumi Serepat Serasan,” ujarnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here