Tingkatkan Kemampuan Wartawan, PWI Muara Enim dan Pemkab Kerjasama Gelar UKW

Bupati Muara Enim saat memberi sambutan dalam acara Kegiatan Dialog dan Audensi Bupati Muara Enim bersama Media dan Wartawan se-Kabupaten Muara Enim, di Ballroom Hotel Sintesa Muara Enim, Senin (28/11).

Muara Enim, Kabarserasan.com  – Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan, Pemkab Muara Enim melalui Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim akan terus mendorong untuk mewujudkan jurnalis yang lebih profesional sebagai corong informasi  ke masyarakat. Tentunya informasi yang disebarkan harus benar dan tepat sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Muzakir, UKM ini sangat penting untuk meningkatkat kemampuan wartawan. “Jurnalis yang sudah UKW diharapkan dapat mewujudkan profesional wartawan, khususnya di Kabupaten Muara Enim,” kata  Muzakir saat pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Senin (28/11).

Muzakir menuturkan,  keterbukaan dalam publikasi memang sangat diharapkan. Namun peran wartawan juga diharapkan sebagai kontrol sosial atau melakukan kritik yang sipatnya mambangun, sehingga akan beriringan dengan pembangunan daerah itu sendiri.

“Diharapkan wartawan yang sudah mengikuti UKW, dapat lebih profisional dan kompeten,”harapnya.

Sementara Ketua PWI Muara Enim Andi Candra mengatakan, pelaksanaan UKM ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Muara Enim.

“Mudah-mudahan, pada tahun berikutnya, UKW akan dilanjutkan kembali. Soalnya sebagian wartawan yang bertugas di Bumi Serasan Sekundang masih ada yang belum mengikuti UKW,”terangnya.

Menurut Andi, jurnalis sudah lolos UKW maka profesionalitasnya tidak diragukan lagi. Terlebih lagi, kedepan, seluruh jurnalis harus sudah UKW. “Nantinya, jika sudah diberlakukan, narasumber bisa menolak jurnalis yang belum UKW,”kata Andi menjelaskan.

” Wartawan yang ikut dalam UKM kali ini sebanyak 21 orang. Selain diikuti wartawan Muara Enim juga diikuti wartawan dari Prabumulih, Lahat dan Pagar Alam,” terang Andi.

Sedangkan para penguji adalah Uyun Achdiat, Hendro Basuki dari PWI PUSAT serta  Ketua PWI Sumsel Oktaf Riyadi.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply