Demam Berdarah Renggut Satu Korban Jiwa

Jambi, kabarserasan.com–Musim hujan lebih dari satu bulan terakhir, mulai menebar penyakit dan ancaman kematian. Di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, seorang warga meninggal dunia akibat terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Satu dari ratusan penderita DBD ini, meninggal dunia merupakan anak-anak berusia masih sekolah dasar. Korban meninggal akibat terlambat mendapatkan pertolongan medis, “ujar Ema Yanti, Kasi P2PL, Dinas Kesehatan Tanjab Barat.

Diakuinya, selama tahun 2016, terhitung dari awal Januari sampai 22 November 2016 ini, penderita DBD di Kabupaten Tanjab Barat sudah mencapai 171 kasus.

“Dari 171 warga, yang dinyatakan terserang penyakit demam berdarah, 96 diantaranya masih suspect. Sedangkan 102 orang lainnya dinyatakan positif menderita DBD,” kata Ema.

Berdasarkan catatan yang ada diĀ  Dinas Kesehatan Tanjab Barat
di bulan Januari penderita DBD mencapai 33 kasus.

Pada bulan selanjutnya, kasus DBD meningkat menjadi 34 kasus dan kembali berkurang pada bulan Maret menjadi 29 kasus.

Selanjutnya, pada bulan April kasus DBD tercatat hanya 21 kasus, Mei 6 kasus, Juni 4 kasus, Juli 9 kasus serta Agustus.

Memasuki bulan September terjadi 11 kasus, bulan Oktober ada 15 kasus, dan November turun menjadi 12 kasus.

“Kita telah melakukan yang namanya fogging, pemberian Abate dan juga pemberantasn sarang nyamuk (PSN) di setiap kecamatan, terutama di lokasi endemik DBD,” terangnya.
Meski upaya pencegahan DBD oleh Dinas Kesehatan Tanjab Barat sudah maksimal, namun penderitanya masih tergolong tinggi.

“Kita menduga ada sejumlah warga Tanjabbar yang terjangkit DBD justru saat berada dari luar daerah dan baru diketahui saat pulang,” tutur Ema. (azi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here