Pemkab PALI Bantu Bibit Petani yang Gagal Panen dan Gagal Tanam

Sawah terendam banjir, panen gagal

PALI, Kabarserasan.com – Akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah Bumi Serepat Serasan beberapa waktu lalu, banyak petani yang mengalami gagal panen maupun gagal tanam.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintahan Kabupaten  Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten PALI, akan memberi bantuan Bibit.

” Saat ini sedang mendata seluruh petani baik yang gagal tanam maupun gagal panen yang ada di Lima Kecamatan.,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten PALI Torus Simbolon via ponsel, Senin (21/11/2016).

Torus memastikan, seluruh petani yang lahannya terendam banjir hingga mengakibatkan gagal panen atau tanam, akan mendapatkan bantuan bibit. Saat ini, pihaknya sedang mendata berapa jumlah lahan dan berapa petaninya yang ada di lima Kecamatan tersebut.

“Seluruh wilayah mengalami hal yang  sama, terutama daerah yang berada tidak jauh dari aliran sungai. Sebab bukan hanya Sungai Lematang yang membentang di Kecamatan Tanah Abang yang meluap, Sungai Abab dan sungai-sungai yang ada di Kecamatan lain juga mengalami kebanjiran.Akibat cuaca selalu mendung sehingga petani tidak bisa beraktivitas

Torus berharap,  para petani agar bersabar karena semua ini bukan kehendak atau kelalaian manusia.

Dia berpesan kepada seluruh masyarakat PALI khususnya para petani yang ada di wilayah PALI untuk tetap semangat dan jangan putus asa, apalagi bagi petani yang baru pertama kali menanam di sawah cetakan baru di Desa Pengabuan Kecamatan Abab. Ini merupakan cobaan kita semua untuk menuju sukses, karena ini merupakan kehendak yang Maha kuasa kita hanya manusia tidak dapat berbuat apa-apa dengan kejadian tersebut,”pungkasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply